Kenaikan Upah Minimum di Kolombia akan Naik 12% pada 2024

BOGOTA (Reuters) – Gaji minimum di Kolombia akan meningkat 12% pada tahun 2024, kata Menteri Tenaga Kerja Gloria Ines Ramirez pada Jumat, sehingga mencapai angka 1,3 juta peso ($340) per bulan.

Kenaikan gaji minimum ini merupakan kenaikan sebesar 140.000 peso ($36,63) per bulan.

Kenaikan gaji ini datang ketika negara tersebut berjuang menghadapi inflasi yang tinggi dan ekonomi yang lesu. Inflasi selama dua belas bulan hingga akhir November mencapai 10,15%.

Kenaikan untuk tahun 2024 lebih rendah daripada kenaikan gaji minimum pada tahun 2023, saat pemerintah mencapai kesepakatan untuk meningkatkannya sebesar 16%.

Kenaikan untuk tahun 2024 tidak disepakati dengan para pemimpin bisnis, meskipun telah terjadi pertemuan antara pemerintah dan kelompok industri, kata Ramirez kepada para jurnalis.

“Terdapat diskusi dan pergerakan dari kedua pihak, tetapi tidak cukup untuk mencapai kesepakatan,” kata Ramirez, menambahkan bahwa telah terjadi 10 pertemuan dalam mencari kesepakatan.

Ketidaksepakatan tersebut, bagaimanapun, tidak berdampak pada implementasi gaji minimum baru, yang ditetapkan oleh pemerintah.

Asosiasi bisnis dan serikat pekerja telah berhasil mencapai kesepakatan dengan pemerintah mengenai peningkatan gaji minimum untuk tahun 2022 dan 2023.

Kenaikan gaji minimum ini datang ketika ekonomi Kolombia mengalami kemacetan.

Tim teknis bank sentral telah meningkatkan proyeksi pertumbuhan tahun 2023 menjadi 1,2% pada akhir Oktober, tetapi ekonomi mengalami penurunan 0,3% pada kuartal ketiga dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, yang membuat kepala bank Leonardo Villar memperingatkan bahwa proyeksi tersebut kemungkinan tidak akan tercapai.

($1 = 3.822,05 peso Kolombia)

(Pelaporan oleh Nelson Bocanegra dan Luis Jaime Acosta; Penulisan oleh Oliver Griffin; Pengeditan oleh Leslie Adler)

MEMBACA  Jam Tangan Apple tanpa fitur pemantauan oksigen darah yang dilarang akan dijual pada pagi hari Kamis