Katedral Rouen dievakuasi setelah terjadi kebakaran menara.

Menara lonceng katedral Gothik terkenal di kota Perancis Rouen terbakar, memaksa evakuasi, kata pejabat setempat.

Gambar yang diposting di X oleh prefektur menunjukkan asap hitam membubung dari kanopi dan perancah di bagian atas bangunan yang memiliki ketinggian sekitar 150m (495 kaki).

Kebakaran sekarang sudah terkendali, menurut pejabat.

\”Asal kebakaran ini belum diketahui saat ini,\” kata walikota Nicolas Mayer-Rossignol, menambahkan bahwa \”semua sumber daya publik\” telah dimobilisasi sebagai respons.

Sekitar 70 pemadam kebakaran dan 40 mobil pemadam kebakaran turut serta dalam upaya memadamkan kebakaran, kata kepala brigade pemadam kebakaran Stephane Gouezec kepada media lokal.

Katedral Maria Bunda Pengampunan telah dievakuasi dan sebuah perimeter keamanan diterapkan, kata prefektur.

Tidak ada laporan korban, menurut otoritas setempat, dan tingkat kerusakan bangunan belum diketahui.

\”Kebakaran terjadi di ujung menara lonceng, yang bukan terbuat dari kayu, melainkan logam,\” prefektur departemen Seine-Maritime mengatakan kepada kantor berita AFP.

Katedral Rouen, yang ditampilkan dalam beberapa karya seni abad ke-19 oleh seniman impresionis Claude Monet, sedang menjalani restorasi yang luas.

Bangunan itu dibangun selama beberapa abad, dengan bagian-bagian bangunan yang berasal dari lebih dari 900 tahun yang lalu pada abad ke-12, menurut situs web resminya. Antara tahun 1876 dan 1880, bangunan itu adalah bangunan tertinggi di dunia.

Pada tahun 2019, kebakaran di kerangka atap kayu menyebabkan kerusakan besar pada katedral terkenal Notre Dame di Paris. Bangunan landmark di ibu kota Perancis itu dijadwalkan dibuka kembali secara resmi pada bulan Desember, setelah bertahun-tahun melakukan perbaikan.

MEMBACA  Harga Apple Pencil 2 Turun Hingga Hanya $79 di Amazon Setelah Pencil Pro Dirilis.