Kartel Meksiko tidak hanya memaksa pedagang untuk membeli ayam dengan harga yang tinggi, mereka juga menjual ayam yang buruk.

Kartel Meksiko tidak hanya memaksa pedagang untuk membeli ayam dengan harga yang tinggi, mereka juga menjual ayam yang buruk.

Sebuah kartel narkoba Meksiko tidak hanya memaksa para pedagang untuk membeli ayam dengan harga yang sangat tinggi – mereka juga menjual mereka ayam “tidak layak untuk dikonsumsi manusia,” demikian disimpulkan oleh para penyelidik pekan ini.

Jaksa di Negara Bagian Meksiko pekan ini menyimpulkan penyelidikan berbulan-bulan yang menemukan bahwa kartel Familia Michoacana yang sangat kejam telah memaksa toko-toko kecil dan pedagang pasar untuk membeli ayam dengan harga hampir dua kali lipat dari harga normal.

Namun, untuk menambah cemoohan, hasil tes yang dirilis Senin tentang ayam yang ditemukan di salah satu gudang yang dikuasai kartel di kota Toluca – tepat di sebelah barat Kota Meksiko – menemukan aditif, beberapa di antaranya dikatakan oleh jaksa berpotensi penyebab kanker.

Jaksa negara mengatakan bahwa mereka “terus melakukan penyelidikan terhadap dua gudang yang disita pada 27 Maret di Toluca karena keterkaitan mereka dengan pemerasan, dan kejahatan terhadap konsumen.”

“Produk makanan yang disita tidak layak untuk dikonsumsi manusia,” laporan tersebut mengatakan, mengutip keberadaan kalium dan natrium tartrat, di antara aditif lain yang ditemukan dalam ayam tersebut.

Penyelidikan dimulai pada bulan Desember, ketika, beberapa hari sebelum Natal, empat pekerja pemrosesan ayam diculik dari salah satu gudang.

Secara aneh, di negara di mana korban penculikan seringkali tidak pernah terlihat lagi, keempat pria itu kemudian ditemukan dalam keadaan tidak terluka dan dibebaskan dari sebuah kendaraan.

Jaksa mengatakan pekan lalu bahwa mereka kemudian menemukan bahwa para pekerja di gudang telah diculik oleh geng sebagai bagian dari perselisihan dengan rival, karena penculik ingin gudang tersebut untuk diri mereka sendiri.

Dua gudang yang disergap pekan lalu merupakan usaha yang menguntungkan, karena jaksa mengatakan kartel tersebut mengancam pelanggan jika mereka tidak setuju untuk membeli ayam dengan harga 48 peso ($3) per kilogram lebih tinggi dari harga pasar, yang sekitar $3 per kilogram.

MEMBACA  Serangan udara Rusia menghantam Ukraina, memicu kebakaran dan pemadaman listrik

Dengan kata lain, geng yang dikenal karena serangan mendadak terhadap patroli polisi dan pembantaian seluruh pemerintahan sebuah kota pada tahun 2022 – menjual ayam busuk dengan harga dua kali lipat dari harga pasar.

Kartel Meksiko telah melakukan langkah-langkah ekstrem untuk mendiversifikasi pendapatan mereka di luar hanya melakukan perdagangan narkoba, memeras uang dari semua orang mulai dari toko tortilla hingga sopir bus dan taksi. Mereka telah dengan kekerasan mengambil alih bisnis yang sah mulai dari pertambangan bijih besi hingga layanan internet.