‘Kami mengharapkan Ukraina menghasilkan pendapatan domestik’

Alfred Kammer, direktur Departemen Eropa Dana Moneter Internasional (IMF), mengatakan bahwa para donor internasional berfokus pada dukungan terhadap pemerintah dan program-program sosial Ukraina, bukan militer, seperti yang dilaporkan oleh Voice of America pada 28 Desember.

Kammer ditanya apakah para donor asing siap untuk meningkatkan bantuan keuangan mereka kepada Ukraina untuk menutupi biaya yang semakin meningkat akibat perang, seperti kampanye mobilisasi yang mahal.

“Kami mengharapkan Ukraina menghasilkan pendapatan domestik,” kata Kammer kepada Voice of America dalam sebuah wawancara.

“Saya selalu menekankan dengan sangat jelas bahwa kami mengharapkan pendapatan domestik dihasilkan. Penguatan ekonomi, reformasi struktural yang mendukung aktivitas ekonomi, tata kelola yang lebih baik akan menghasilkan pendapatan pajak tambahan.”

Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pada 19 Desember bahwa ia berencana untuk memangkas belanja pemerintah “sebanyak mungkin” untuk mendanai upaya mobilisasi. Dalam konferensi pers akhir tahunnya, ia mengatakan bahwa mobilisasi dalam skala besar akan menelan biaya tambahan sebesar 500 miliar Hr (13,4 miliar dolar Ukraina).

Ketika diminta untuk berkomentar mengenai pernyataan Zelensky, Kammer mengulangi bahwa bantuan IMF berfokus pada fungsi pemerintah.

“Kami mendukung dan memantau anggaran secara keseluruhan, bukan pengeluaran individual, dan kami serta para donor membantu pemerintah Ukraina untuk melaksanakan fungsi-fungsi dasarnya selama perang, seperti melindungi orang-orang rentan, membayar gaji, pensiun, membayar pendidikan, dan lain-lain,” kata Kammer.

Ia mengatakan bahwa untuk menghasilkan pendapatan tambahan untuk menutupi pengeluaran selama perang, Ukraina harus mengadopsi tata kelola yang lebih baik dan Strategi Pendapatan Nasional yang baru disetujui, sebuah program yang didukung oleh IMF yang bertujuan untuk memperkuat ekonomi Ukraina dan menyelaraskan undang-undang perpajakan dengan standar Uni Eropa.

MEMBACA  Kami Telah Menemukan Penawaran Apel Terbaik di Hari Peringatan Ini

Strategi tersebut akan membantu “mendapatkan pendapatan lebih untuk anggaran, untuk mendukung kebutuhan pengeluaran selama ini,” kata Kammer.

IMF telah melepaskan tranche terbaru sebesar 900 juta dolar untuk Ukraina pada 11 Desember. Dana tersebut merupakan bagian dari Extended Fund Facility (EFF), sebuah perjanjian empat tahun yang akan memungkinkan Ukraina mengakses 15,6 miliar dolar bantuan keuangan dalam angsuran reguler.

Baca juga: Menteri Luar Negeri Ukraina, Kuleba: ‘Eropa tidak tahu cara berperang’

Kami telah bekerja keras untuk menyajikan berita independen yang bersumber lokal dari Ukraina. Pertimbangkanlah untuk mendukung Kyiv Independent.