Haiti membentuk pemerintahan baru untuk mengatasi kekerasan geng

46 menit yang lalu

Oleh Will Grant, koresponden Meksiko dan Amerika Tengah • George Wright, Berita BBC

Reuters

Seorang polisi berjaga di ibukota Haiti

Sebuah pemerintahan baru telah terbentuk di Haiti dalam upaya untuk mengembalikan ketertiban di negara yang dilanda kekerasan.

Kabinet baru sepenuhnya menggantikan semua menteri dari pemerintahan mantan Perdana Menteri, Ariel Henry, yang dipaksa mundur pada awal tahun ini oleh geng yang mengendalikan sebagian besar Haiti.

Pengumuman kabinet baru ini datang dua minggu setelah dewan pemerintahan transisi negara tersebut menunjuk Garry Conille sebagai perdana menteri interim.

Dia juga akan mengemban peran menteri dalam negeri, menurut dekret yang diterbitkan di gazet resmi Haiti.

Pembentukan kabinet di Haiti merupakan tanda lebih lanjut dari upaya untuk membawa kembali stabilitas politik ke sebuah negara yang dilanda kekerasan dan ketidakpastian selama beberapa bulan terakhir.

Dewan transisi menunjuk orang-orang ke semua posisi kunci dalam kabinet dan menteri mereka, kata juru bicara.

Reuters

Garry Conille akan bertindak sebagai perdana menteri dan menteri dalam negeri

Pengacara Mr Conille, Carlos Hercules, akan menjadi menteri keadilan dan keamanan publik dan duta besar Haiti untuk Unesco, Dominique Dupuy, akan menjadi menteri urusan luar negeri.

Ketleen Florestal yang berpendidikan dari Princeton mengambil alih kementerian keuangan dari Michel Patrick Boisvert, yang juga menjabat sebagai perdana menteri interim tahun ini.

Meskipun beberapa warga Haiti akan termotivasi oleh langkah-langkah pertama menuju normalitas ini, terutama setelah pembukaan kembali bandara internasional negara itu, yang lain tetap sangat khawatir tentang besarnya tugas di depan kabinet baru.

Geng masih mengendalikan sebagian besar ibu kota, Port-au-Prince, dan pemimpin geng menolak mengakui legitimasi dewan interim atau kepemimpinan transisi apapun.

MEMBACA  Brian Mulroney, Perdana Menteri yang Memimpin Kanada ke NAFTA, Meninggal pada Usia 84 Tahun

Tahun lalu pasukan keamanan yang didukung PBB, yang akan dipimpin oleh Kenya, dijanjikan sebagai dorongan bagi polisi Haiti yang berjuang, tetapi belum dikerahkan.

Rencana penempatan sekitar 1.000 perwira polisi Kenya untuk mencoba mengembalikan ketertiban masih belum terwujud meskipun Presiden Kenya William Ruto mengulangi dukungannya terhadap rencana tersebut dalam wawancara dengan BBC bulan lalu.

Mr Henry setuju untuk mundur pada Maret setelah kelompok bersenjata menghalangi kepulangannya ke negara dari Kenya, di mana dia pergi untuk berbicara dengan Presiden Ruto.

Geng memanfaatkan kekosongan kekuasaan yang ditinggalkan oleh mundurnya perdana menteri dan memperluas kontrol mereka atas sebagian besar negara, yang efektif menjadi tanpa hukum di beberapa tempat.

Kondisi di Haiti digambarkan sebagai \”katastrofik\” oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam laporan yang diterbitkan bulan lalu.

Dikatakan lebih dari 1.500 orang tewas dan 800 terluka dalam tiga bulan pertama tahun 2024.

Laporan tersebut mendetailkan \”praktik mengerikan\” dari geng, yang dituduh menggunakan kekerasan ekstrim dan pelecehan seksual sebagai cara hukuman dan kontrol.

Kelompok bantuan melaporkan kesulitan dalam mendapatkan makanan dan air ke ibu kota, memperingatkan bahwa jutaan orang tidak bisa menemukan penghidupan – dengan beberapa berada di ambang kelaparan.

Masalah Haiti semakin memburuk setelah pembunuhan presiden Jovenel Moïse pada tahun 2021 melemparkan negara itu ke dalam kekacauan. Geng telah memperluas kendali mereka atas negara tersebut sambil mengusir ribuan warga sipil.

Negara itu tidak memiliki presiden sejak pembunuhan itu dan tidak memiliki parlemen yang duduk.

Haiti: Dasar-dasar

Negara Karibia ini berbatasan dengan Republik Dominika dan memiliki populasi diperkirakan 11,5 juta orangMemiliki luas daratan 27.800 km persegi, sedikit lebih kecil dari Belgia dan sekitar ukuran yang sama dengan negara bagian AS MarylandInstabilitas kronis, kediktatoran, dan bencana alam dalam beberapa dekade terakhir telah menjadikan Haiti sebagai negara termiskin di AmerikaGempa bumi pada tahun 2010 menewaskan lebih dari 200.000 orang dan menyebabkan kerusakan yang luas pada infrastruktur dan ekonomiPasukan penjaga perdamaian PBB ditempatkan pada tahun 2004 untuk membantu menstabilkan negara itu dan baru ditarik pada tahun 2017Pada Juli 2021, Presiden Jovenel Moïse dibunuh oleh penembak tak dikenal di Port-au-Prince. Di tengah kebuntuan politik, negara terus dilanda ketidakstabilan dan kekerasan geng\”

MEMBACA  Israel meminta agar Pasukan Garda Revolusi Iran dinyatakan sebagai teroris