Waymo disetujui untuk memperluas layanan robotaxi di Los Angeles, Semenanjung SF.

Penumpang menaiki teknologi pengemudi penuh listrik Waymo di Santa Monica

Allen J. Schaben | Los Angeles Times | Getty Images

Unit robotaxi Waymo milik Alphabet memperoleh persetujuan dari Komisi Utilitas Publik California untuk memperluas layanan ke bagian Los Angeles dan Bay Area, menurut pemberitahuan yang diposting di situs web regulator pada hari Jumat.

“Waymo dapat memulai operasi layanan penumpang tanpa pengemudi berbayar di area yang ditentukan di Los Angeles dan Peninsula San Francisco, efektif hari ini,” demikian isi rilis tersebut.

Pada pertengahan Februari, Waymo mengajukan pemberitahuan pemanggilan ulang sukarela kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, mengatakan akan memperbaiki masalah perangkat lunak. Pemanggilan tersebut mengikuti dua insiden sebelumnya yang tidak dilaporkan yang terjadi di Phoenix pada 11 Desember, di mana kendaraan Waymo tanpa awak bertabrakan dengan truk derek yang sama dalam waktu beberapa menit.

Tabrakan tersebut menambah kekhawatiran yang sudah ada tentang penggunaan kendaraan otonom di California. Para penyedia layanan taksi dan transit yang bersaing serta aktivis buruh khawatir akan kehilangan pekerjaan pengemudi, sementara para advokat keselamatan menulis surat kepada regulator dan politisi meminta mereka untuk menghentikan ekspansi Waymo di negara bagian tersebut.

CPUC menolak proposal sebelumnya dari Waymo untuk memperluas layanan ridehail-nya di Los Angeles dan San Mateo County pada akhir Februari.

Dalam suratnya pada hari Jumat, regulator tersebut mengatakan bahwa mereka menyetujui proposal baru tersebut, sebagian karena “Rencana Keselamatan Penumpang (PSP) terbaru dari Waymo, yang diajukan sehubungan dengan domain operasional yang diperluas (ODD) untuk implementasi,” yang juga disetujui oleh Departemen Kendaraan Bermotor California.

Kemajuan Waymo di California terjadi setelah Cruise yang dimiliki General Motors dan Apple mundur dari bisnis kendaraan otonom di California, sementara Tesla milik Elon Musk belum mengembangkan kendaraan otonom yang dapat beroperasi secara aman tanpa pengemudi manusia mengendalikan.

MEMBACA  Butler Industries bergabung dengan Onepoint dalam konsorsium penyelamatan Atos oleh Reuters

Regulator California menghentikan operasi robotaxi Cruise self-driving pada Oktober setelah serangkaian insiden, termasuk salah satunya yang menyebabkan robotaxi menabrak pejalan kaki yang pertama kali ditabrak oleh mobil yang dikemudikan manusia dan kemudian ditarik sejauh sekitar 20 kaki oleh kendaraan Cruise.

Persetujuan baru Waymo memungkinkan robotaksi perusahaan beroperasi dekat dengan kantor pusat teknik Tesla di Palo Alto, San Mateo County.

Saksikan: Kerumunan membakar Waymo di San Francisco