Wakil Presiden AS Harris mendesak gencatan senjata segera untuk meredakan “bencana kemanusiaan” di Gaza oleh Reuters

Translate to Indonesian: Wakil Presiden AS Harris mendesak gencatan senjata segera untuk meredakan “bencana kemanusiaan” di Gaza oleh Reuters

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris pada hari Minggu meminta gencatan senjata segera di Gaza dan mendesak Israel dengan tegas untuk meningkatkan aliran bantuan guna meredakan apa yang dia sebut sebagai kondisi “inhumane” dan “bencana kemanusiaan” di kalangan rakyat Palestina.

Komentar Harris termasuk yang paling tajam hingga saat ini oleh seorang pemimpin senior pemerintah AS yang meminta Israel untuk melegakan kondisi di Gaza. Wakil presiden, yang sedang berbicara dalam acara di Selma, Alabama, untuk memperingati peringatan “Minggu Berdarah,” ketika polisi negara memukuli para pendemo yang damai, mendesak Hamas untuk menerima kesepakatan pembebasan sandera yang akan memulai gencatan senjata selama 6 minggu dan memungkinkan lebih banyak bantuan mengalir.

“Orang-orang di Gaza kelaparan. Kondisinya tidak manusiawi dan kemanusiaan bersama kita mendorong kita untuk bertindak,” kata Harris. “Pemerintah Israel harus melakukan lebih untuk secara signifikan meningkatkan aliran bantuan. Tidak ada alasan.”

Israel memboikot pembicaraan gencatan senjata di Kairo pada hari Minggu setelah Hamas menolak tuntutannya untuk daftar lengkap yang menamai sandera yang masih hidup, menurut sebuah surat kabar Israel.

“Hamas mengklaim ingin gencatan senjata. Nah, ada kesepakatan di meja. Dan seperti yang kami katakan, Hamas harus setuju dengan kesepakatan tersebut,” kata Harris. “Mari kita dapatkan gencatan senjata. Mari satukan kembali sandera dengan keluarga mereka. Dan mari berikan bantuan segera kepada rakyat Gaza.”

MEMBACA  Pemerintah Membangun 42 Bendungan antara 2015-2023 untuk Keamanan Pangan