Trump mengusulkan bahwa menantunya, Lara, menjadi co-chair RNC.

Donald Trump mendukung menantunya, Lara Trump, untuk membantu memimpin Komite Nasional Partai Republik, langkah ini akan memperkuat kendalinya atas partai tersebut saat kontes nominasi 2024 berlanjut.

Trump, dalam pengumuman oleh kampanyenya pada Senin malam, mengusulkan agar Lara Trump, seorang mantan produser televisi yang menikah dengan putranya, Eric, menjadi co-chair bersama Michael Whatley, penasihat umum RNC. Ketua saat ini, Ronna McDaniel, telah melakukan pembicaraan untuk mundur, menurut orang-orang yang akrab dengan rencana tersebut.

“Menantu saya yang sangat berbakat, Lara Trump, telah setuju untuk mencalonkan diri sebagai Co-Chair RNC. Lara adalah seorang komunikator yang sangat berbakat dan berdedikasi pada segala hal yang MAGA perjuangkan,” kata Trump dalam pernyataan tersebut.

Trump menggambarkan Whatley sebagai seseorang “yang telah bersama saya sejak awal, telah melakukan pekerjaan yang luar biasa di negara bagian asalnya, North Carolina, dan berkomitmen pada integritas pemilu, yang harus kita miliki untuk menjaga agar tidak ada penipuan dalam pemilu kita.”

Whatley telah mendukung klaim palsu Trump bahwa dia memenangkan pemilihan presiden 2020.

Trump menambahkan bahwa dia juga telah meminta Chris LaCivita, untuk “secara efektif” mengambil peran sebagai kepala operasional RNC, mengelola “operasi sehari-hari komite sehingga akan menjadi mesin perjuangan untuk 2024.”

Mendukung menantunya sebagai ketua RNC setelah memberikan tekanan publik kepada McDaniel untuk mundur akan hampir melengkapi kendali Trump atas alat kampanye Republik. Baik Lara Trump maupun Whatley adalah penduduk asli North Carolina. Partai Demokrat menganggap negara bagian tersebut sebagai medan pertempuran yang mungkin dalam pemilihan presiden bulan November.

McDaniel, menurut orang yang akrab dengan masalah ini, telah memberi tahu Trump bahwa dia akan meninggalkan posisinya setelah pemilihan pendahuluan Republik South Carolina pada 24 Februari, di mana dia bermaksud memberikan kekalahan memalukan kepada mantan gubernur negara bagian itu, Nikki Haley. Menurut jajak pendapat, dia unggul 31 persen poin atas Haley, mantan duta besar Perserikatan Bangsa-Bangsa, menurut RealClearPolitics.

MEMBACA  Sekarang Apple mengatakan bahwa mereka tidak akan menonaktifkan aplikasi web iPhone di Uni Eropa.

Manajer kampanye Haley, Betsy Ankney, mengatakan dalam pernyataan bahwa “di bawah kepemimpinan Donald Trump dan RNC saat ini, Partai Republik kalah dalam pemilihan 2018, 2020, dan 2022, dan sekarang RNC hampir bangkrut.”

Dia menambahkan bahwa dalam rencana Haley untuk organisasi tersebut seluruh staf akan dipecat, audit akan dilakukan, dan “akan ada proses aplikasi resmi untuk menjadi ketua RNC berdasarkan prestasi, bukan pembalasan dendam.”

McDaniel, yang telah menjabat sebagai pemimpin RNC sejak 2017, telah dikritik atas penampilan elektoral yang kurang memuaskan partainya dalam kontes nasional belakangan ini serta angka penggalangan dana yang kurang memuaskan.

RNC mengumpulkan $87 juta pada tahun 2023 dan mengakhiri tahun dengan kas sebesar $8 juta. Itu jauh lebih sedikit daripada Komite Nasional Demokrat, yang memiliki $20 juta di bank setelah mengumpulkan $120 juta. Secara keseluruhan, DNC, kampanye Presiden Joe Biden, dan komite lain yang mendukung pencalonannya telah mengumpulkan dana perang sebesar $117 juta. Kampanye Trump mengakhiri tahun dengan $33 juta.

Subscribe to the new Fortune CEO Weekly Europe newsletter to get corner office insights on the biggest business stories in Europe. Sign up for free.