Tesla Menunda Acara Robotaxi dalam Rintangan terhadap Dorongan Otonomi Musk

(Bloomberg) — Tesla Inc. menunda pengungkapan robotaxi yang direncanakan hingga Oktober untuk memberi tim yang bekerja pada proyek lebih banyak waktu untuk membangun prototipe tambahan, menurut orang-orang yang akrab dengan keputusan tersebut.

Sebagian besar dibaca dari Bloomberg

Penundaan sekitar dua bulan telah dikomunikasikan secara internal, kata orang-orang tersebut, yang meminta namanya tidak disebutkan karena informasi tersebut belum diumumkan secara publik. Tim desain diberitahu minggu ini untuk memperbaiki elemen-elemen tertentu dari mobil, kata salah satu orang tersebut.

Dengarkan dan berlangganan Elon, Inc. di Apple, Spotify, iHeart, dan Terminal Bloomberg.

Chief Executive Officer Elon Musk menetapkan tanggal 8 Agustus awal untuk acara tersebut beberapa bulan yang lalu, dan optimisme tentang pertunjukan itu telah berkontribusi pada rangkaian kenaikan selama 11 hari yang menambah lebih dari $257 miliar ke kapitalisasi pasar Tesla. Saham turun sebanyak 8,3% dalam perdagangan intraday Kamis setelah Bloomberg News pertama kali melaporkan penundaan tersebut.

Saham pesaing taksi yang akan datang, Uber Technologies Inc. dan Lyft Inc. keduanya melonjak setelah berita tersebut. Saham Uber naik sebanyak 5,3% pada hari Kamis. Saham Lyft melonjak sebanyak 7,9%.

Ide menciptakan layanan taksi otonom telah beredar di Tesla selama bertahun-tahun, setidaknya kembali ke saat Musk menulis “rencana induk” kedua untuk perusahaan pada tahun 2016. CEO telah memprioritaskan proyek tersebut dalam beberapa bulan terakhir daripada bekerja pada mobil listrik yang lebih murah dari mobil Tesla yang paling terjangkau, sedan Model 3.

Musk telah membicarakan teknologi kendaraan otonom Tesla selama lebih dari satu dekade dan meyakinkan pelanggan untuk membayar ribuan dolar untuk seperangkat fitur yang perusahaan pemasarkan sebagai Full Self-Driving, atau FSD. Nama tersebut adalah istilah yang keliru – FSD memerlukan pengawasan konstan dan tidak menjadikan Tesla otonom – tetapi Musk dan insinyur papan atas telah semakin bullish tentang FSD dalam beberapa bulan terakhir ketika penjualan kendaraan perusahaan melambat.

MEMBACA  Aturan Taylor dan Penerapannya dalam Berbagai Konteks Ekonomi

Tesla mengirimkan 6,6% lebih sedikit mobil dalam setengah pertama tahun ini, meskipun perusahaan menambahkan model baru – Cybertruck – ke lini produknya. Produsen otomotif juga memproduksi 14% lebih sedikit kendaraan dalam kuartal kedua dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk membantu meredakan persediaan yang membengkak.

–Dengan bantuan dari Dana Wollman.

(Diperbarui dengan saham Uber, Lyft dalam paragraf keempat.)

Sebagian besar dibaca dari Bloomberg Businessweek

Cerita berlanjut

©2024 Bloomberg L.P.