Shari Redstone mengakhiri pembicaraan dengan Skydance Media mengenai kesepakatan untuk mengendalikan Paramount.

Unlock the Editor’s Digest for free

Shari Redstone telah mengakhiri pembicaraan dengan Skydance Media atas kesepakatan yang akan memberikan kontrol atas kerajaan hiburan Paramount dari keluarganya kepada pewaris miliarder David Ellison.

Keputusan ini menutup buku atas pembicaraan dengan Skydance yang sudah berlangsung selama bulan-bulan dan meninggalkan masa depan Paramount dalam ketidakpastian.

Skydance menawarkan sekitar $2 miliar untuk mengakuisisi National Amusements (NAI) milik Redstone, dan kemudian berencana untuk menggabungkan Paramount ke dalam perusahaan Ellison melalui kesepakatan saham.

Skydance menawarkan untuk membeli sekitar separuh dari pemegang saham biasa Paramount seharga $15 per saham, sambil juga menyuntikkan sekitar $1,5 miliar untuk membantu melunasi utang perusahaan.

NAI pada hari Selasa mengatakan bahwa kedua pihak “tidak dapat mencapai syarat yang saling dapat diterima” dan bahwa “bersyukur kepada Skydance atas bulan-bulan kerja keras mereka dalam mengejar transaksi potensial ini”.

Perwakilan Skydance menolak untuk berkomentar. Saham Paramount ditutup turun 8 persen menjadi $11,04 atas berita ini, yang pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal.

Keputusan Redstone datang sebagai kejutan bagi kubu Ellison, yang termasuk pendukung ekuitas swasta RedBird dan KKR, karena kedua belah pihak tampaknya sudah dekat dengan kesepakatan dalam beberapa minggu terakhir.

Komite khusus Paramount, yang bertanggung jawab atas mewakili kepentingan semua pemegang saham perusahaan media tersebut, termasuk yang tidak memiliki hak suara, mendukung tawaran tersebut dalam rekomendasi non-binding awal bulan ini, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Redstone mengubah pikirannya dalam beberapa hari terakhir, sebagian karena Skydance menurunkan jumlah uang tunai yang akan diberikan kepada perusahaan induk NAI saat meningkatkan pembayaran kepada pemegang saham lainnya, kata seseorang yang dekat dengannya.

MEMBACA  Kekayaan bersih Mark Zuckerberg turun $18 miliar setelah pendapatan Meta

Orang-orang yang dekat dengan Redstone menambahkan bahwa mereka bingung dengan keputusannya untuk mengakhiri pembicaraan. Mereka menambahkan bahwa konsorsium Ellison telah menyetujui “hampir semua” yang diminta NAI dan Paramount selama berbulan-bulan negosiasi.

Redstone kini sedang mempertimbangkan tawaran potensial dari pihak lain.

Miliarder Edgar Bronfman Jr, pewaris bisnis minuman Seagram, telah menunjukkan minatnya untuk mengakuisisi NAI dengan harga lebih dari $2 miliar, menurut dua orang yang akrab dengan masalah ini. Tawarannya didukung oleh kelompok ekuitas swasta Bain. Namun, kelompok tersebut memerlukan waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikan proses due diligence sebelum membuat tawaran resmi, demikian disarankan orang-orang ini.

Redstone juga menerima minat dari produser film Steven Paul, kata satu orang.

Namun, satu orang yang terlibat dalam pembicaraan mengatakan bahwa saat ini tidak ada alternatif nyata untuk tawaran dari Skydance.

NAI mengontrol sekitar 80 persen dari hak suara Paramount meskipun hanya memiliki sekitar 10 persen saham perusahaan tersebut. Siapapun yang membeli NAI secara teknis dapat mengendalikan Paramount tanpa harus membeli seluruh perusahaan, meskipun pemegang saham non-hak suara dapat menantang langkah tersebut di pengadilan.