Prospek pasar perumahan: Musim penjualan musim semi akan berakhir—tidak dengan gemuruh, tapi dengan desahan

Musim penjualan musim semi tahun ini tidak seperti biasanya, dan meskipun tampak lebih baik dari tahun lalu, ada nuansa melankolis yang menyelimutinya.

Saat musim semakin berakhir, aplikasi hipotek, penjualan rumah tertunda, penjualan rumah yang sudah ada, dan daftar rumah selama beberapa bulan terakhir secara umum mencerminkan sentimen tersebut.

Ini adalah pengingat lain bahwa membeli dan menjual rumah tidak sama sejak pandemi. Sulit untuk menjual rumah Anda jika tingkat hipotek Anda jauh lebih rendah dari tingkat saat ini. Dan sulit untuk membeli ketika gaji yang dibutuhkan untuk rumah pemula hampir dua kali lipat dan biaya memiliki rumah adalah yang tertinggi sepanjang sejarah.

Aplikasi hipotek untuk pembelian rumah turun 3,3% pada bulan Mei dari bulan sebelumnya, yang mengalami penurunan 2,3%, menurut Capital Economics, sebuah perusahaan riset. Penurunan bulanan kedua berturut-turut menunjukkan bahwa kenaikan bulan Maret hanya bersifat sementara. Sementara itu, aplikasi Mei hanya 6,5% lebih tinggi dari bulan Oktober tahun lalu, ketika mereka mencapai yang terendah dalam 28 tahun. Jika Anda ingat, tingkat hipotek mencapai lebih dari dua dekade pada bulan Oktober lalu. Mereka telah turun menjadi kisaran 7%, atau 6,99% menurut bacaan mingguan Freddie Mac; tingkat hipotek harian lebih tinggi.

“Penurunan pada bulan Mei terjadi meskipun tingkat hipotek turun menjadi 7,07% bulan lalu, dari 7,17%, mendukung pandangan kami bahwa permintaan hipotek dan aktivitas penjualan tidak akan pulih sampai tingkat turun secara signifikan di bawah 7%,” ekonom Capital Economics Thomas Ryan menulis minggu lalu, menyarankan bahwa bulan Juni mungkin tidak akan lebih baik. “Kami hanya berharap itu terjadi nanti dalam tahun ini.”

MEMBACA  Nikmati Pengalaman Memanggang Daging Sendiri ala Yakiniku di Gyu-Shige dengan Diskon Spesial BRI 30 Persen

Aktivitas refinancing juga berada di dekat rekor terendah, karena rata-rata tingkat semua hipotek yang ada sekitar 4% karena begitu banyak orang baik membeli selama pandemi, ketika tingkat hipotek sangat rendah, atau melakukan refinancing.

Analisis perumahan bulanan terbaru dari Realtor.com menemukan bahwa ada lebih banyak rumah dijual pada hari biasa di bulan Mei dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu, tetapi masih ada lebih sedikit rumah dijual daripada yang biasa dari 2017 hingga 2019; cerita serupa terjadi pada bulan April dan Maret.

Data terpisah menunjukkan penjualan rumah tertunda anjlok 7,7% pada bulan April secara bulanan dan 7,4% secara tahunan; penandatanganan kontrak turun di semua wilayah dibandingkan dengan bulan sebelumnya dan tahun sebelumnya. Dan penjualan rumah yang sudah ada turun 1,9% pada bulan April secara bulanan dan tahunan. Pada bulan Maret, penjualan rumah yang sudah ada turun 4,3% secara bulanan dan 3,7% secara tahunan. Sementara itu, harga rumah terus naik; mereka mencapai rekor tertinggi kesembilan dalam setahun terakhir pada bulan Maret.

Menggabungkan data aplikasi hipotek terbaru dengan angka penjualan rumah tertunda yang lemah pada bulan April menempatkan penjualan rumah yang sudah ada pada bulan Mei pada jalur yang akan turun di bawah tingkat tahunan 4 juta, jauh di bawah rata-rata dalam 10 tahun terakhir sekitar 5,2 juta, Ryan menulis, dan timnya tidak melihat pemulihan sampai akhir tahun depan, di mana pada saat itu akan menjadi pemulihan yang terbatas.

Untuk aktivitas benar-benar meningkat, tingkat hipotek harus turun, dan satu-satunya harapan untuk tingkat hipotek adalah pemotongan suku bunga dari Federal Reserve.

“Penjualan rumah terjebak karena tingkat bunga tidak membuat pergerakan besar,” kata kepala ekonom National Association of Realtors Lawrence Yun, bersamaan dengan rilis penjualan rumah yang sudah ada sebelumnya.

MEMBACA  Ulasan SUB2r AGS: Layar hijau untuk pembuat konten yang tidak ingin repot dengan pencahayaan

Indeks harga konsumen, ukuran inflasi, untuk bulan Mei dijadwalkan akan dirilis pada pagi hari Rabu, sebelum pertemuan Federal Open Market Committee. Tampaknya Federal Reserve akan meninggalkan tingkat bunga tetap. Jadi untuk saat ini, sulit membayangkan tingkat hipotek turun secara signifikan dan benar-benar tinggal di sana, daripada penurunan atau fluktuasi sesaat.

Subscribe to the CFO Daily newsletter to keep up with the trends, issues, and executives shaping corporate finance. Sign up for free.