Perusahaan akan memotong 10% dari jumlah karyawan

Daniel Dines, Co-founder & CEO at UiPath menyampaikan pidato kepada para audiens selama hari ketiga Web Summit 2021 di Parque das Nacoes, Lisbon. 

Bruno de Carvalho | SOPA Images | Lightrocket | Getty Images

UiPath, pengembang perangkat lunak otomatisasi, sedang memangkas 10% dari total jumlah karyawan, atau sekitar 420 pekerjaan, sebagai bagian dari restrukturisasi lebih luas, kata perusahaan tersebut dalam pengajuan kepada SEC pada hari Selasa.

Banyak pemutusan hubungan kerja akan diimplementasikan pada akhir kuartal pertama tahun fiskal 2026, kata perusahaan tersebut. Kuartal tersebut berakhir pada bulan April mendatang.

Saham UiPath turun sekitar 7% pada hari Selasa untuk ditutup pada $11,93 dan sekarang telah kehilangan lebih dari separuh nilainya tahun ini. Nasdaq naik 23% selama periode tersebut. UiPath menghadapi perlambatan pertumbuhan pendapatan yang dramatis setelah IPO-nya pada tahun 2021, yang merupakan salah satu penawaran perangkat lunak terbesar di Amerika Serikat sepanjang sejarah.

Walaupun UiPath melaporkan pendapatan kuartal pertama fiskal yang melebihi ekspektasi pada bulan Mei, perusahaan ini menurunkan panduan pendapatannya untuk tahun penuh, dan mengatakan sekarang mengharapkan antara $1,4 miliar dan $1,41 miliar dibandingkan dengan panduan sebelumnya sebesar $1,55 miliar hingga $1,56 miliar. Perkiraan saat ini akan sama dengan pertumbuhan tahunan sekitar 7,5%, turun dari 24% tahun sebelumnya.

UiPath membuat perangkat lunak yang mengotomatisasi tugas-tugas yang repetitif. Perusahaan tersebut mengumumkan pada bulan Mei bahwa CEO Rob Enslin mengundurkan diri efektif per 1 Juni, dan akan digantikan oleh salah satu pendiri, Daniel Dines, yang telah mundur sebagai co-CEO pada bulan Januari. Langkah tersebut membuat saham turun 30%.

UiPath mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka mengharapkan akan mengalami biaya sebesar $15 juta hingga $20 juta terkait dengan pemutusan hubungan kerja, dan total biaya restrukturisasi antara $17 juta dan $25 juta. Perusahaan sebelumnya mengumumkan dua putaran pemotongan pekerjaan pada tahun 2022.

MEMBACA  Ukraina berhutang pada dirinya sendiri dan pada Barat untuk menghentikan korupsi

\”Perubahan ini mencerminkan upaya untuk membentuk kembali organisasi dengan menyederhanakan struktur Perusahaan, terutama dalam fungsi operasional dan korporat, lebih memprioritaskan investasi go-to-market kami dan memfokuskan investasi riset dan pengembangan kami pada kecerdasan buatan dan mendorong inovasi di seluruh platform kami,\” kata UiPath dalam pernyataan hari Selasa.

— Kontribusi dari CNBC’s Rohan Goswami untuk laporan ini.

Jangan lewatkan wawasan ini dari CNBC PRO

\”