Pengemudi Amazon mengajukan 15.000 klaim mengklaim bahwa mereka dibayar kurang

Ribuan pengemudi pengiriman mengajukan klaim hukum terhadap Amazon pada Selasa, dengan mengklaim bahwa klasifikasi perusahaan terhadap mereka sebagai kontraktor independen daripada karyawan telah menyebabkan gaji yang tidak dibayar dan kerugian keuangan lainnya.

Dua firma hukum yang memimpin tindakan tersebut mengatakan sekitar 15.860 pengemudi Amazon Flex telah mengajukan klaim arbitrase dengan American Arbitration Association, di mana 453 kasus serupa sedang dilitigasi.

Program Flex Amazon, yang didirikan pada tahun 2015, mendaftarkan pengemudi untuk mengirimkan paket dengan mobil mereka sendiri dan aplikasi khusus.

Perusahaan memasarkan pekerjaan tersebut sebagai kesempatan yang fleksibel dan paruh waktu yang memungkinkan orang untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama jam yang mereka pilih. Sebagian besar pengemudi menghasilkan $18-25 per jam, menurut Amazon, meskipun berapa banyak yang mereka bayar bisa bergantung pada faktor lain, seperti lokasi mereka dan berapa lama untuk menyelesaikan pengiriman.

Klaim arbitrase yang diajukan pada Selasa dibuat oleh pengemudi di California, Illinois, dan Massachusetts, yang semuanya memiliki aturan yang membatasi jumlah kontrol yang dapat dilakukan perusahaan terhadap kontraktor independen. Klaim-klaim tersebut, yang dikumpulkan selama empat tahun oleh para pengacara Joseph Sellers dan Steven Tindall, mempertahankan bahwa para pengemudi seharusnya diklasifikasikan sebagai karyawan Amazon bukan kontraktor independen, berdasarkan hukum saat ini di ketiga negara bagian tersebut.

Perubahan tersebut akan memungkinkan pengemudi Flex untuk mengumpulkan gaji yang tidak dibayar karena Amazon hanya membayar mereka untuk jumlah jam yang telah ditentukan terlepas dari berapa lama untuk menyelesaikan pengiriman, menurut para pengacara. Ini juga akan memungkinkan pengemudi Flex untuk menerima pembayaran lembur jika mereka bekerja lebih dari 40 jam seminggu dan mendapatkan penggantian biaya terkait pekerjaan, seperti biaya bahan bakar dan kerusakan kendaraan.

MEMBACA  Hakim AS Menetapkan Sidang Oktober 2026 untuk Gugatan Antitrust FTC terhadap Amazon Oleh Reuters

Biaya bahan bakar dan kendaraan lainnya adalah “biaya besar bagi klien kami,” kata Tindall dalam sebuah wawancara. Dia juga mengatakan salah satu klien yang diwakili dalam klaim tersebut bekerja selama 7 hari dalam seminggu untuk melakukan pengiriman untuk Amazon selama periode liburan dan tidak pernah dibayar lembur.

Dalam pernyataan tertulis, juru bicara Amazon Branden Baribeau memuji manfaat program Flex, mengatakan bahwa ini memberi “individu kesempatan untuk menentukan jadwal mereka sendiri dan menjadi bos mereka sendiri, sambil mendapatkan bayaran kompetitif.”

“Kami mendengar dari sebagian besar mitra pengiriman Amazon Flex bahwa mereka menyukai fleksibilitas program ini, dan kami bangga dengan pekerjaan yang mereka lakukan atas nama pelanggan setiap hari,” kata Baribeau.

Tindall dan Sellers mengatakan mereka sejauh ini berhasil dalam tujuh dari delapan klaim arbitrase melawan Amazon yang mereka bawa ke pengadilan. Para pengemudi yang mereka wakili dalam kasus-kasus tersebut diberikan rata-rata $9.000 dalam bentuk ganti rugi.

Model bisnis Amazon untuk kekuatan kerja pengirimannya – yang terdiri dari kontraktor independen dan bisnis pihak ketiga yang memungkinkan perusahaan menghindari serikat pekerja – menghadapi pengawasan dan tantangan dari berbagai sudut.

Sebuah kelompok bipartisan dari lebih dari 30 senator AS mengirimkan surat kepada CEO Amazon Andy Jassy pekan lalu meminta informasi lebih lanjut tentang hubungan perusahaan dengan ribuan bisnis independen yang melakukan jutaan pengiriman setiap hari sebagai bagian dari program Mitra Layanan Pengiriman Amazon.

Pada Maret, Mahkamah Agung Wisconsin membiarkan tetap keputusan pengadilan tinggi yang menyatakan pengemudi Flex sebagai karyawan – sebuah keputusan yang akan memungkinkan mereka menjadi bagian dari sistem asuransi pengangguran negara bagian dan berhak atas bayaran pengangguran jika mereka di-PHK.

MEMBACA  Pelajaran dari acara Oscar 2024 Oleh Reuters

Serikat Teamsters, yang berusaha mengorganisir pengemudi Amazon, juga mengajukan keluhan di National Labor Relations Board tahun lalu yang menantang bagaimana perusahaan mengklasifikasikan beberapa pengemudinya.

\”