Pendiri Waze, Uri Levine, menjelaskan uji coba 30 hari bagi karyawan baru

Para karyawan baru tidak bisa mendapat istirahat: Pendiri Waze, Uri Levine, telah mengungkapkan bahwa di bawah kepemimpinannya, para karyawan baru harus membuktikan diri dalam 30 hari pertama bahwa mereka cocok untuk pekerjaan tersebut—atau mereka akan dipecat.

Mastermind aplikasi lalu lintas dan navigasi serta pengusaha serial itu mengatakan dalam Podcast Lenny bahwa dia mulai menerapkan praktik rekrutmen ini setelah mencatat bahwa “sekitar separuh” dari startup yang gagal yang dia bicarakan menyalahkan kegagalan mereka pada tidak memiliki tim yang tepat.

Bagian “mengerikan”, tambah bos Israel tersebut, adalah bahwa semua dari mereka mengetahui karyawan yang tidak cocok dalam beberapa minggu setelah mereka mulai.

“Jika Anda tahu dalam sebulan pertama bahwa tim tidak tepat dan Anda tidak melakukan apa pun, masalahnya bukanlah tim yang tidak tepat,” tambahnya. “Masalahnya adalah CEO yang tidak membuat keputusan sulit.”

Levine telah mendirikan 10 perusahaan (termasuk dua unicorn dan Waze, yang dia jual ke Google seharga $1,1 miliar pada tahun 2013), menjadi anggota dewan direksi di 20 perusahaan, dan telah memberikan saran kepada lebih dari 50 startup.

Pada akhirnya, dia memperingatkan bahwa karyawan yang di bawah performa dapat merusak budaya perusahaan, mengusir performer terbaik, dan membuat kesuksesan sebagai startup menjadi “misi yang tidak mungkin”.

Inilah sebabnya dia menyarankan: “Setiap kali Anda merekrut seseorang baru, yang benar-benar saya inginkan Anda lakukan adalah tandai kalender Anda untuk 30 hari ke depan dan tanyakan pada diri sendiri satu pertanyaan: Dengan pengetahuan yang saya miliki saat ini, apakah saya akan merekrut orang ini?”

Jika jawabannya ya, dia menyarankan segera menghubungi karyawan tersebut, memberikan lebih banyak saham di perusahaan untuk membeli “kesetiaan mereka seumur hidup”.

MEMBACA  Anker Baru Saja Merilis Sejumlah Aksesori Pengisian Qi2 yang Mungkin Anda Inginkan

Tetapi jika jawabannya tidak, dia menyarankan: “Pecat mereka segera”—baik untuk kebaikan mereka maupun untuk bisnis.

“Mereka sudah ditetapkan pada lintasan kegagalan dan mereka menciptakan kerusakan bagi Anda, bagi tim lainnya, dan bagi diri mereka sendiri,” kata Levine.

“Mereka pantas menemukan tempat lain di mana mereka bisa sukses.”

Namun ini adalah jalan dua arah

Ulasan 30 hari tidak harus terbatas pada karyawan baru. Levine mengatakan dia menggunakannya untuk setiap langkah yang dia buat—baik bisnis maupun pribadi.

“Semua hal dalam hidup Anda, tanyakan pada diri sendiri, dengan pengetahuan yang Anda miliki saat ini, apakah Anda akan melakukan sesuatu yang berbeda? Jika jawabannya ya, maka lakukan sesuatu yang berbeda hari ini,” tambah pengusaha serial berusia 59 tahun itu. “Hari ini adalah hari pertama dari sisa hidup Anda.”

Inilah sebabnya ulasan 30 hari berlaku sama bagi para pengusaha seperti halnya bagi karyawan baru.

Paling tidak, itulah nasihat yang diberikan Levine kepada lima anaknya, yang berusia 20-an dan 30-an, ketika mereka mengalami kesulitan dalam karier mereka.

“Saya pada dasarnya memberi tahu mereka, jika Anda bekerja di suatu tempat dan Anda tidak menyukainya, maka yang saya inginkan dari Anda adalah bertanya pada diri sendiri mengapa Anda tidak menyukainya dan apakah ada sesuatu yang bisa Anda ubah,” katanya.

“Saya akan bertanya pada Anda pertanyaan yang sama dalam 90 hari ke depan dan jika hal ini masih terjadi, maka berhentilah.”

Mengapa 90 hari? Karena beberapa keputusan membutuhkan sedikit lebih banyak waktu. Misalnya, Anda mungkin menunggu manajer Anda menyetujui perubahan jika Anda telah mengungkapkan ketidakpuasan dengan aspek tertentu dari peran atau tim Anda.

MEMBACA  Penawaran Paramount Terbaru dari Ellison Memiliki Penyedap $15 per Saham

Apakah itu 30 hari atau 90 hari, menetapkan tanggal tersebut di dalam catatan harian Anda yang penting: “Jika Anda tidak menetapkan batas waktu, itu tidak akan pernah terjadi,” kesimpulan Levine.

Fortune telah menghubungi Google dan Levine untuk memberikan komentar.