Pendapatan TSMC di Kuartal II Melonjak Berkat Peningkatan AI, Mengalahkan Ramalan Pasar

Oleh Ben Blanchard dan Faith Hung

TAIPEI (Reuters) – TSMC, kontraktor pembuat chip terbesar di dunia, melaporkan pertumbuhan pendapatan yang kuat pada kuartal kedua Rabu yang jauh melebihi perkiraan pasar, didorong oleh boomingnya permintaan untuk aplikasi kecerdasan buatan (AI).

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, yang pelanggannya termasuk Apple dan Nvidia, telah mendapat manfaat dari lonjakan ke arah AI yang telah membantunya melewati penurunan permintaan yang dipimpin oleh pandemi dan mendorong harga saham TSMC ke rekor tertinggi.

Pendapatan pada periode April-Juni tahun ini mencapai T$673,51 miliar ($20,67 miliar), menurut perhitungan Reuters, dibandingkan dengan LSEG SmartEstimate, yang diambil dari 21 analis, sebesar T$654,27 miliar.

Ini mewakili pertumbuhan sebesar 32% tahun-ke-tahun, dibandingkan dengan $15,68 miliar pada periode tahun lalu.

Ini bukan perbandingan langsung karena TSMC hanya memberikan data pendapatan bulanan dalam dolar Taiwan, tetapi memberikan angka pendapatan kuartalan dan prospeknya dalam panggilan pendapatan kuartalannya dalam dolar Amerika Serikat.

Pada panggilan pendapatan terbarunya pada bulan April, Taiwan Semiconductor Manufacturing Co memperkirakan pendapatan kuartal kedua dalam kisaran antara $19,6 miliar hingga $20,4 miliar.

Untuk bulan Juni saja, TSMC melaporkan bahwa pendapatan naik 33% secara tahunan menjadi T$207,87 miliar.

Perusahaan tersebut tidak memberikan rincian dalam pernyataan pendapatan singkatnya.

TSMC, perusahaan tercatat publik paling berharga di Asia dengan kapitalisasi pasar $830 miliar, tidak memberikan rincian atau panduan ke depan dalam pernyataan pendapatan singkatnya.

Perusahaan dijadwalkan untuk melaporkan pendapatan kuartal kedua pada 18 Juli, ketika juga akan memperbarui pandangan dan rencananya untuk kuartal ini dan sisa tahun ini.

Diperkirakan TSMC akan melaporkan kenaikan laba bersih kuartal kedua sebesar 30% secara tahunan, menurut LSEG SmartEstimate.

MEMBACA  Boeing Memilih Eksekutif Internal yang Berpengalaman Selama Tiga Dekade untuk Posisi Teratas di Maskapai Komersial, namun Bisa Jadi Tidak Mudah, Kata Ahli Suksesi CEO

Saham TSMC yang terdaftar di Taipei, diperdagangkan di level tertinggi sepanjang sejarah, ditutup naik 0,5% pada hari Rabu sebelum rilis data penjualan, sejalan dengan pasar secara umum.

Saham tersebut telah naik 76% sejauh ini tahun ini, dibandingkan dengan kenaikan 34% untuk pasar secara umum.

ADRs TSMC melonjak 4,8% menjadi rekor $192,79 pada hari Senin, sesaat meningkatkan nilai pasar perusahaan menjadi $1 triliun.

($1 = 32,5790 dolar Taiwan)

(Pelaporan oleh Ben Blanchard dan Faith Hung; Pengeditan oleh Christopher Cushing dan Kim Coghill)