Partai sayap kiri Prancis berjanji untuk bersekutu dalam pemilihan cepat oleh Reuters

PARIS (Reuters) – Partai oposisi kiri Prancis pada malam Senin berjanji untuk bekerja sama dan menominasikan kandidat bersama dalam pemilihan parlemen dadakan akhir bulan ini untuk menantang pemerintah dan gerakan jauh kanan Marine Le Pen.

Partai-partai sosialis, hijau, komunis, dan partai yang lebih radikal France Unbowed dalam sebuah pernyataan bersama mengajukan platform bersama untuk “menyajikan alternatif terhadap (Presiden) Emmanuel Macron dan melawan proyek rasis dari jauh kanan”.

Partai-partai tersebut mengatakan mereka akan mendukung kandidat bersama di setiap distrik pemilihan mulai dari putaran pertama pada 30 Juni.

Blok tersebut telah bekerja sama selama kampanye parlemen sebelumnya pada tahun 2022 sebelum pertarungan kepemimpinan dan perbedaan kebijakan – termasuk tentang perang Gaza – menyebabkan retak dalam aliansi mereka.

Setelah kekalahan besar bagi partainya Renaissance dalam pemilihan Parlemen Eropa hari Minggu, Macron mengumumkan pemilihan dadakan dan membubarkan Majelis Nasional.

Dalam jajak pendapat pertama yang dirilis pada hari Senin, partai jauh kanan National Rally diprediksi akan mendapatkan suara terbanyak tanpa meraih mayoritas mutlak.

MEMBACA  Menurut Morgan Stanley, ASML adalah salah satu saham yang paling 'overowned' di Eropa.