Partai Liberal Demokrat mendukung kenaikan pajak keuntungan modal untuk para penghasil terkaya

Membuka Editor’s Digest secara gratis

Partai Liberal Demokrat telah mengusulkan serangan pajak besar-besaran pada orang-orang terkaya di Inggris untuk mendanai investasi di NHS, perawatan sosial, perawatan anak-anak, dan peningkatan bantuan luar negeri.

Sir Ed Davey pada hari Senin meluncurkan manifesto partainya dengan janji untuk meningkatkan pajak atas capital gains, bersama dengan tarif lebih tinggi untuk penumpang pesawat yang sering terbang dan perjalanan jet pribadi.

Bank, perusahaan layanan digital, perusahaan minyak, perusahaan tembakau, dan perusahaan air yang mencemari juga akan membayar lebih sebagai bagian dari paket penghasilan sebesar £26,8 miliar.

Langkah paling mencolok adalah rencana untuk mengumpulkan tambahan £5,2 miliar dari pajak capital gains, dengan tarif baru sebesar 45 persen untuk keuntungan lebih dari £100.000 dan 40 persen untuk keuntungan antara £50.000-£100.000.

Davey mengatakan: “Kebanyakan orang akan membayar sama atau kurang. Jika Anda sangat kaya – 0,1 persen dari populasi – Anda akan membayar pajak yang lebih banyak. Multimiliuner dan miliarder akan membayar pajak yang lebih banyak.”

Pejabat Liberal Demokrat mengatakan mereka mengharapkan 30 persen dari pendapatan tambahan teoritis mungkin hilang melalui “perubahan perilaku” ketika individu kaya mencoba menghindari tarif baru tersebut.

Pemimpin Partai Buruh Sir Keir Starmer telah menolak untuk menyingkirkan peningkatan tarif pajak capital gains jika dia memenangkan pemilihan, meskipun pejabat menginsistir bahwa partai tersebut tidak perlu menaikkan pajak untuk mendanai janji-janji dalam manifesto mereka.

Sementara itu, Demokrat Liberal memperkirakan mereka akan mengumpulkan tambahan £3,6 miliar dengan skala geser untuk pajak penumpang udara, di mana orang yang melakukan satu penerbangan internasional setahun akan lebih baik, tetapi mereka yang melakukan lebih dari tiga penerbangan akan terkena dampak.

MEMBACA  Televisi Samsung QLED yang saya rekomendasikan diskon hingga $2,600 untuk Hari Peringatan

Davey juga mengusulkan pajak baru sebesar 4 persen untuk buyback saham untuk mendorong perusahaan untuk berinvestasi, dan pajak super untuk penerbangan jet pribadi.

Pejabat Liberal Demokrat dengan sinis mencatat bahwa Perdana Menteri Rishi Sunak akan menjadi salah satu yang paling merugi dari rencana pajak mereka, yang menempatkan partai tersebut ke kiri Buruh.

Manifesto partai itu mencakup rencana untuk mengubah industri air dan membersihkan kotoran dari jalur air Britania, serta meningkatkan penyediaan perawatan sosial, yang keduanya merupakan kebijakan khas Liberal Demokrat.

Davey berkomitmen untuk mengembalikan janji sebelumnya Britania untuk menghabiskan 0,7 persen dari pendapatan nasional untuk bantuan luar negeri, dengan lebih banyak uang dialokasikan untuk reformasi kesejahteraan, menangani tunjangan anak, dan mendukung komunitas pedesaan.

Seperti partai utama lainnya, Demokrat Liberal pro-Eropa mengatakan relatif sedikit tentang Brexit. Bagian di halaman 112 manifesto mengatakan partai tersebut melihat kembali bergabung dengan UE sebagai “tujuan jangka panjang kami”.

Sementara itu, partai tersebut akan berusaha untuk bergabung kembali dengan pasar tunggal, tetapi hanya “setelah ikatan kepercayaan dan persahabatan telah diperbaharui”, dan “kerusakan” yang disebabkan oleh Brexit telah diperbaiki.

Kebijakan capital gains ini datang di atas £4 miliar yang sebelumnya dikatakan partai itu akan kumpulkan dengan membalikkan keringanan pajak yang diberikan kepada bank-bank selama beberapa tahun terakhir.

Daisy Cooper, Wakil Ketua Liberal Demokrat, mengatakan rencana partai untuk meningkatkan penyediaan kesehatan dan perawatan di Inggris “akan memerlukan tambahan £9 miliar per tahun dan kami akan mendapatkan uang itu dengan memperhitungkan bank-bank besar dan miliarder”.

Partai tersebut bersikeras bahwa mereka lebih transparan tentang bagaimana mereka akan mendanai program mereka daripada Konservatif dan Buruh. Paul Johnson, dari lembaga pemikir Institute for Fiscal Studies, mengklaim ada “konspirasi keheningan” antara dua partai yang lebih besar.

MEMBACA  Arm Holdings Menghadapi Ujian Besar Minggu Ini. Akankah Saham AI Panas Terbang atau Mati? Arm Holdings Menyikapi Ujian Besar Minggu Ini. Akankah Saham AI Panas Terbang atau Mati?

Tentang pajak capital gains, keuntungan antara £5.000 dan £50.000 akan dikenai pajak sebesar 20 persen. Tarif tertinggi CGT saat ini adalah 24 persen untuk penghasil pendapatan tarif yang lebih tinggi.

Sementara itu, para penghasil capital gains terendah akan dilindungi dari kenaikan pajak, dengan peningkatan dalam batas penghasilan capital gains tahunan bebas pajak dari £3.000 menjadi £5.000.

Uang yang terkumpul dari perombakan pajak akan digunakan untuk menyuntikkan £9 miliar ke NHS dan layanan perawatan sosial, kata partai tersebut. Ini akan memungkinkan mereka untuk merekrut 8.000 dokter umum lebih, meningkatkan akses awal ke layanan kesehatan mental, menawarkan tunjangan perawatan gratis kepada setiap orang di Britania, dan meningkatkan upah pekerja perawatan.

Sementara itu, Demokrat Liberal tidak mengulangi rencana Buruh untuk menghapus keringanan pajak PPN untuk sekolah swasta. Pejabat partai secara pribadi mengakui bahwa kebijakan tersebut tidak akan diterima dengan baik di beberapa kursi kaya Demokrat Liberal, seperti Richmond Park dan Kingston di London barat daya.

\”