Mortgage Inggris yang Terlambat Mencapai Tertinggi dalam Hampir 8 Tahun

Unlock the Editor’s Digest secara gratis

Utang hipotek di Inggris yang jatuh tempo mencapai level tertinggi hampir delapan tahun pada kuartal pertama 2024, menurut data resmi yang menegaskan dampak terus menerus dari biaya pinjaman tinggi terhadap rumah tangga.

Proporsi total saldo pinjaman yang jatuh tempo, relatif terhadap saldo hipotek yang masih beredar, naik menjadi 1,28 persen dalam tiga bulan hingga 31 Maret dari 1,23 persen pada kuartal sebelumnya, Bank of England mengatakan pada hari Selasa.

Angka tersebut menandai kebalikan terus menerus dari penurunan jangka panjang dalam pembayaran yang jatuh tempo dan porsi tertinggi sejak kuartal terakhir 2016, saat mencapai 1,24 persen, dan menunjukkan tantangan yang dihadapi banyak pemilih menjelang pemilihan umum pada 4 Juli.

Harga toko yang tinggi, sewa, dan biaya hipotek menekan pesan kampanye Perdana Menteri Rishi Sunak tentang peningkatan ekonomi, dengan partainya yang berkuasa, Partai Konservatif, sekitar 20 poin persentase di belakang Partai Buruh dalam jajak pendapat.

Simon Gammon, mitra manajer di konsultan Knight Frank Finance, mengatakan: “Nilai saldo hipotek yang jatuh tempo telah melonjak karena keuangan rumah tangga tertekan oleh tingginya suku bunga hipotek dan kenaikan biaya berbagai barang dan jasa.”

Meskipun kenaikan tunggakan “serius” bagi orang-orang yang kesulitan membayar hipotek mereka, “itu belum menjadi risiko sistemik bagi pasar perumahan”, tambahnya.

Tunggakan masih rendah dibandingkan dengan level tertinggi sepanjang masa mereka sebesar 3,64 persen pada kuartal pertama 2009, selama krisis keuangan global. Mereka sejak itu menurun berkat pemulihan ekonomi yang lebih luas dan perubahan dalam regulasi hipotek.

MEMBACA  Persetujuan hipotek di Inggris mencapai tertinggi 18 bulan pada bulan Maret, kata Bank of England.

Tetapi lebih banyak rumah tangga akan menghadapi biaya hipotek yang lebih tinggi tahun ini saat kesepakatan tetap yang disepakati dua atau lima tahun lalu berakhir.

Suku bunga hipotek naik tajam antara akhir 2021 dan 2023 saat BoE menaikkan suku bunga ke level tertinggi dalam 16 tahun, yaitu 5,25 persen dalam upaya untuk menahan inflasi.

Mereka telah melonggar dari puncaknya pada musim panas 2023 dengan harapan bahwa BoE akan mulai memangkas suku bunga tahun ini, tetapi mereka naik sejak Februari berkat data inflasi dan gaji yang mengecewakan.

Data terpisah yang dipublikasikan oleh BoE pekan lalu menunjukkan bahwa suku bunga hipotek 2 tahun yang dikutip pada loan to value 60 persen naik menjadi 5,01 persen pada Mei, naik dari 4,62 persen pada Januari namun jauh di bawah 6,22 persen pada Juli 2023.

Abigail Fernandes, analis di perusahaan manajemen kredit Pepper Advantage, mengatakan data pada hari Selasa menunjukkan bahwa “beberapa kelompok tetap tertekan dan kemungkinan akan memerlukan dukungan untuk waktu yang cukup lama”.