Kantor keluarga merencanakan investasi besar di perusahaan swasta

Kantor keluarga semakin menjadi dana ekuitas swasta mereka sendiri dan melakukan investasi langsung ke perusahaan-perusahaan, menurut survei terbaru.

Mayoritas (62%) kantor keluarga melakukan setidaknya enam investasi langsung tahun lalu, di mana mereka membeli saham di perusahaan swasta atau memberikan pinjaman, menurut survei kantor keluarga oleh BNY Mellon Wealth Management.

Sejumlah besar kantor keluarga (71%), berencana untuk melakukan jumlah investasi langsung yang sama atau lebih banyak pada tahun 2024. Dengan jumlah kantor keluarga yang melipatgandakan sejak tahun 2019, dan total aset mereka mencapai perkiraan $6 triliun atau lebih, arus dana dari kantor keluarga ke perusahaan-perusahaan swasta bisa meresapkan pasar swasta dan industri ekuitas swasta.

“Investasi langsung memberikan kesempatan menarik bagi kantor keluarga untuk memanfaatkan kompetensi unik mereka,” menurut laporan tersebut.

Kantor keluarga — lengan investasi pribadi dari keluarga-keluarga kaya — sering didirikan oleh pengusaha, yang terampil dalam menjalankan perusahaan swasta, menurut laporan tersebut. Berinvestasi langsung memungkinkan mereka untuk memberikan kontribusi dalam bentuk keahlian dan saran manajemen kepada perusahaan portofolio, serta modal mereka.

Pada saat yang sama, perusahaan swasta semakin tertarik kepada kantor keluarga karena bank-bank semakin ketat dalam memberikan pinjaman dan perusahaan ekuitas swasta melakukan lebih sedikit kesepakatan. Kantor keluarga memiliki keuntungan dalam menawarkan modal yang lebih sabar, karena mereka umumnya berinvestasi untuk beberapa dekade atau bahkan generasi.

“Kesepakatan pasar swasta yang sukses menangkap premi ketidaklikuidan, yang berarti bahwa mereka potensialnya bisa mencapai hasil yang jauh lebih tinggi daripada yang tersedia melalui pasar publik atau bahkan investasi pasar swasta yang dipool,” kata laporan tersebut.

Kantor keluarga juga berinvestasi bersama perusahaan ekuitas swasta, yang dapat mengurangi biaya dan meningkatkan pembayaran keuntungan yang dibawa.

MEMBACA  Coatue, perusahaan Laffont, memindahkan uangnya ke sektor teknologi saat lonjakan kuartal keempat.

Investasi langsung memiliki tantangan-tantangannya, tentu saja. Kantor keluarga umumnya berhasil di industri tempat kantor keluarga membangun kekayaan mereka atau memiliki keahlian khusus, yang dapat membatasi jangkauan investasi mereka. Melakukan penelitian yang tepat — pemeriksaan mendalam terhadap keuangan dan manajemen suatu perusahaan — bisa sulit bagi kantor keluarga kecil. Akibatnya, banyak dari mereka mencari bantuan dari perusahaan manajemen kekayaan yang lebih besar dan penasihat kesepakatan.

Walaupun dua pertiga kantor keluarga melakukan penelitian internal mereka sendiri terhadap investasi langsung, hampir separuh juga mencari masukan dari konsultan investasi.