Ini Bisa Menjadi Saham-saham Kecerdasan Buatan (AI) Terbaik Hingga 2030

Apakah Anda ingat pertama kali mendengar tentang sesuatu yang aneh bernama “awan”? Mungkin itu terjadi pada tahun 2010-an. Banyak yang mengatakan bahwa ini akan menjadi keuntungan besar bagi perusahaan teknologi – dan mereka benar.

Pengeluaran untuk penggunaan cloud publik meningkat dari $31 miliar pada tahun 2015 menjadi hampir $200 miliar pada tahun 2023. Microsoft Intelligent Cloud dan Amazon Web Services (AWS) milik Amazon menyediakan aliran pendapatan yang luar biasa dengan tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari $100 miliar untuk masing-masingnya. Teknologi ini telah menjadi kunci utama dalam menghasilkan keuntungan total lebih dari 900% sejak tahun 2015 bagi kedua saham tersebut.

Kecerdasan buatan (AI) tampaknya menjadi hal besar berikutnya. Beberapa mengatakan bahwa ini akan menjadi sebtransformasional internet. Dana Moneter Internasional mengatakan bahwa hal ini akan mengubah hampir 40% pekerjaan di seluruh dunia, dan data yang dikompilasi oleh Statista menunjukkan bahwa pasar AI akan meningkat enam kali lipat dari $300 miliar tahun ini menjadi lebih dari $1,8 triliun pada tahun 2030.

Berikut adalah empat perusahaan yang memanfaatkan pertumbuhan AI dengan potensi untuk membuat para investor sangat senang dalam enam tahun mendatang.

Palantir

Palantir (NYSE: PLTR) adalah saham populer, dan banyak dari kehebohan tersebut layak. Mengelola, menganalisis, dan menggunakan data untuk mengoptimalkan pengambilan keputusan adalah inti bisnisnya. Dan platformnya untuk sektor swasta dan pemerintah menggunakan AI untuk melakukan hal ini.

Produk terbaru Palantir, Artificial Intelligence Platform (AIP), juga dibangun untuk sektor pertahanan dan swasta, di mana ia diterapkan di jaringan pelanggan dan memanfaatkan model bahasa besar (LLM). Apa artinya ini? Berikut contoh dari Palantir.

Bayangkan bahwa Anda adalah operator militer yang bertanggung jawab atas pasukan di medan perang, dan datang informasi bahwa musuh sedang mengumpulkan peralatan di dekatnya. Operator dapat memvisualisasikan medan perang dan mengajukan pertanyaan seperti, “Unit musuh apa yang berdekatan?” dan “Formasi musuh yang mungkin apa?” Kemudian, mereka dapat mengarahkan drone atau satelit untuk mengambil gambar. Penggunaan teknologi ini membantu operator dalam perencanaan dan pengambilan keputusan operasional.

MEMBACA  Ekonomi perang Rusia tidak bisa bertahan lama tetapi telah membeli waktu.

Palantir telah berhasil dengan pendapatan pertahanan. Ini adalah sumber pendapatan yang luar biasa karena pemerintah memiliki sumber daya yang besar. Namun, sektor swasta juga menawarkan pasar yang besar.

Pendapatan komersial perusahaan tumbuh 32% year-over-year (YOY) pada kuartal keempat tahun 2023 menjadi $284 juta (percepatan dari pertumbuhan YOY 23% pada Q3), dan pendapatan pemerintah tumbuh 11% menjadi $324 juta. Palantir juga menghasilkan keuntungan berdasarkan prinsip akuntansi umum (GAAP) selama lima kuartal berturut-turut – prestasi yang mengesankan untuk perusahaan teknologi dengan pertumbuhan tinggi.

Saham diperdagangkan dengan perbandingan harga terhadap penjualan sebesar 25 kali, yang tidak murah, tetapi ini turun menjadi 20 pada basis forward menggunakan perkiraan penjualan. Ada risiko jangka pendek karena valuasi ini, jadi pertimbangkan untuk membeli secara bertahap. Dalam jangka panjang, kredensial AI Palantir sangat baik.

UiPath

Berikut frasa yang bisa Anda tambahkan ke kosakata Anda: robotic process automation (RPA). Ini mengambil tugas-tugas yang membosankan dan tidak menambah nilai dan mengotomatiskannya.

Misalnya, seorang broker hipotek dapat menghabiskan berjam-jam untuk meninjau email, mengunduh lampiran, dan memasukkan data secara manual ke aplikasi. Dengan RPA, ini bisa diotomatiskan, membebaskan broker untuk fokus pada tugas-tugas tingkat lebih tinggi seperti berkomunikasi dengan penilai dan menghubungi pelanggan. Ini adalah contoh apa yang bisa dilakukan UiPath (NYSE: PATH) untuk pelanggan.

Berbicara tentang pelanggan, UiPath memiliki lebih dari 10.800 pelanggan, dan mereka menyediakan pendapatan tahunan berulang sebesar $1,4 miliar. Penjualan mencapai $326 juta pada kuartal ketiga tahun fiskal 2024 UiPath (tiga bulan yang berakhir pada 31 Oktober 2023) dengan pertumbuhan 24%, yang mengesankan mengingat lingkungan ekonomi yang sulit pada tahun 2023. UiPath juga memiliki neraca keuangan yang kuat dengan $1,8 miliar dalam bentuk kas dan investasi serta tanpa utang jangka panjang.

MEMBACA  Pertemuan keuangan G20 untuk mengesampingkan geopolitik, fokus pada ekonomi Oleh ReutersPertemuan keuangan G20 untuk mengesampingkan geopolitik, fokus pada ekonomi Dengan Reuters

UiPath memiliki persaingan yang ketat di industri yang terfragmentasi, yang mungkin menjadi risiko terbesar bagi investor. Perusahaan ini juga belum menghasilkan keuntungan GAAP, meskipun menghasilkan arus kas positif. Saham diperdagangkan dengan perbandingan harga terhadap penjualan sebesar 11 kali, yang wajar untuk industri ini.

RPA memiliki potensi untuk menghemat banyak uang bagi perusahaan dengan mengotomatiskan tugas-tugas tingkat rendah, dan UiPath dapat menjadi salah satu penerima manfaat jangka panjang yang signifikan dari tren ini.

Evolv Technologies

Sebelum saya membahas perusahaan ini, harap dicatat bahwa saham ini memiliki kapitalisasi pasar kurang dari $1 miliar, membuatnya lebih spekulatif daripada yang lain. Mengelola risiko adalah hal yang penting, jadi saham spekulatif harus hanya menyusun sebagian tertentu dari portofolio Anda, berdasarkan usia Anda, yaitu berapa lama waktu yang Anda miliki untuk mengatasi kerugian, dan toleransi risiko Anda. Dengan pemahaman itu, Evolv Technologies (NASDAQ: EVLV) menjual teknologi yang menarik yang dapat menyelamatkan nyawa Anda (dan mungkin membuat investor menghasilkan banyak uang).

Saat ini, ketika masuk ke stadion atau tempat lain, orang-orang berdiri di antrean untuk melewati detektor logam satu per satu, mengosongkan saku mereka, dan sering kali mendapatkan pemeriksaan kedua dengan tongkat. Ini tidak efisien, dan seringkali barang-barang terlewatkan.

Teknologi Evolv berbeda. Beberapa orang dapat berjalan melalui mesin yang ditenagai AI, dan detektor melihat berbagai karakteristik, seperti bentuk, untuk mengidentifikasi senjata atau pisau, bukan memberikan peringatan untuk segala sesuatu yang berbahan logam, seperti kunci mobil. Peringatan menunjukkan kepada petugas keamanan tempat objek terdeteksi, dan mereka melanjutkannya dari sana.

Sekolah, rumah sakit, dan stadion adalah pelanggan yang ditargetkan oleh Evolv. Beberapa tim olahraga besar, distrik sekolah, dan kampus medis sudah menggunakannya. Pendapatan berulang tahunan di Q3 2023 adalah $66 juta dengan pertumbuhan year-over-year sebesar 129%, dan langganan melonjak 137% menjadi sedikit lebih dari 4.000. Dengan kapitalisasi pasar $676 juta, Evolv diperdagangkan dengan perbandingan 10 kali pendapatan berulang tahunan dan memiliki potensi yang besar.

MEMBACA  Van Eck didenda $1,75 juta karena secara rahasia membayar Dave Portnoy dari BarStool untuk mempromosikan peluncuran ETF

Amazon

Saya mengatakan bahwa setidaknya ada satu perusahaan dalam artikel ini yang mungkin tidak pernah Anda dengar sebelumnya, tetapi mungkin bukan yang ini. Amazon dikenal karena pasar online-nya, tetapi juga akan mendapatkan manfaat yang besar dari AI karena AWS adalah penyedia layanan cloud terkemuka di dunia.

Perangkat lunak AI membutuhkan banyak data, dan sebagian besar data ini akan diproses di cloud. Amazon juga menawarkan solusi AI lainnya, seperti model dasar – yang memungkinkan pengguna menyesuaikan perangkat lunak AI sesuai kebutuhan mereka.

Amazon baru saja merilis laporan keuangan Q4 2023-nya, dan laporan tersebut luar biasa. Total pendapatan naik 14% menjadi $170 miliar, bersamaan dengan peningkatan yang signifikan dalam arus kas dan pendapatan operasional. Seperti yang ditunjukkan di bawah ini, saham naik tetapi masih diperdagangkan di bawah rata-rata lima tahunnya, berdasarkan penjualan dan arus kas.

AI akan memberikan dorongan bagi Amazon yang seharusnya membuat para investor senang dalam beberapa tahun mendatang.

Apakah Anda harus berinvestasi $1.000 di Palantir Technologies sekarang?

Sebelum Anda membeli saham Palantir Technologies, pertimbangkan hal berikut:

Tim analis The Motley Fool Stock Advisor baru saja mengidentifikasi apa yang mereka yakini sebagai 10 saham terbaik yang harus dibeli oleh para investor sekarang… dan Palantir Technologies bukan salah satunya. 10 saham yang masuk daftar tersebut bisa menghasilkan keuntungan besar dalam beberapa tahun mendatang.

Stock Advisor