Iklan Tory memperingatkan pemilih tentang kemenangan besar Partai Buruh saat upaya pemilihan gagal

Buka Editor’s Digest secara gratis

Konservatif telah mulai memperingatkan pemilih secara online bahwa Partai Buruh bisa memenangkan pemilu umum Inggris pada 4 Juli, memicu tuduhan bahwa partai penguasa sebenarnya telah mengakui kekalahan.

Iklan media sosial Tory yang dipublikasikan sejak Jumat telah mendesak orang untuk tidak memilih Partai Liberal Demokrat dan Reform UK, memperingatkan bahwa mendukung partai-partai kecil tersebut bisa memberikan pemimpin buruh Sir Keir Starmer “mayoritas besar”.

Iklan Tory lainnya mengatakan bahwa memilih Lib Dem atau Reform akan “memberikan cek kosong kepada Keir Starmer” dan meninggalkan “tak ada yang bertanggung jawab atas nama Anda”.

Perubahan pesan Tory baru-baru ini secara online, seiring dengan penurunan dukungan dalam pencalonan kembali Perdana Menteri Rishi Sunak, juga tercermin dalam kampanye partai di lapangan, menurut tokoh-tokoh Konservatif.

“Terdapat pergeseran di pintu rumah, jadi kandidat kami memberitahu orang bahwa kami tidak bisa memberikan cek kosong kepada Starmer. Bahwa kita perlu memiliki oposisi yang kuat,” kata seorang mantan menteri kabinet Tory.

Kandidat Tory lain menambahkan: “Poin saya adalah bahwa kita berjuang untuk menang, tetapi bahkan jika kita kalah, kita perlu oposisi yang efektif sehingga kita perlu mempertahankan kursi seperti milik saya. Ketika orang menyadari bahwa Starmer mungkin memiliki mayoritas yang tidak terbantah, mereka menjadi cukup gugup.”

Partai Konservatif telah meluncurkan sekitar 40 iklan Facebook dan Instagram baru yang fokus pada kemenangan besar Buruh sejak Jumat lalu, ketika Sunak meminta maaf karena meninggalkan peringatan Hari D di Prancis, langkah yang memicu kemarahan dari kandidat Tory.

Ini berbeda dengan iklan Tory sebelumnya yang mengeluarkan peringatan seperti “memilih Reform, mendapatkan Keir Starmer” tetapi tidak menyiratkan bahwa suara untuk partai Nigel Farage akan meningkatkan mayoritas Buruh yang dianggap.

MEMBACA  Siapa Saja Pemain Utama Setelah Pemilihan Mengejutkan di Pakistan?

Buruh unggul atas Konservatif sekitar 20 poin dalam jajak pendapat, kesenjangan yang tidak menunjukkan tanda-tanda menyempit menjelang pemilu.

Konservatif telah menghabiskan lebih dari £12.000 untuk iklan baru sejak Jumat lalu, menurut analisis Financial Times atas data perpustakaan iklan Meta. Mereka secara kolektif telah menerima lebih dari 2,2 juta tayangan hingga pukul 6 sore pada hari Senin.

Serangkaian iklan memperingatkan pemilih bahwa jika mereka mendukung Buruh, Lib Dem, atau Reform, mereka akan “memberikan Keir Starmer mayoritas besar dan membayar harganya”.

Gambar dalam iklan tersebut mengklaim bahwa Starmer “membutuhkan uang pensiun Anda” atau merujuk pada “£2.094”, tuduhan kontroversial dari Tory tentang kenaikan pajak rumah tangga rata-rata di bawah pemerintahan Buruh yang ditolak partai oposisi.

Iklan lain, yang hanya sedikit diunggulkan oleh partai, mengatakan: “Dengan Partai Liberal Demokrat setuju dengan semua yang ingin dilakukan Keir Starmer, suara untuk Reform atau Partai Liberal Demokrat berarti Anda tidak akan memiliki siapapun yang bertanggung jawab atas nama Anda.”

Seorang pejabat Konservatif mengatakan: “Anda membaca terlalu banyak hal. Itulah yang selama ini kami katakan tentang suara untuk Reform.”

Namun, Helen Morgan, juru bicara pemerintah lokal Lib Dem, mengecam iklan-iklan “lemah”. Dia mengatakan: “Ini adalah hal yang putus asa dari partai Konservatif yang terlihat seperti mereka telah menyerah dan mengakui kekalahan.”

Ben Habib, co-deputy leader dari Reform, juga menyerang iklan tersebut, mengatakan bahwa itu menunjukkan “Konservatif menyadari bahwa mereka kalah dalam pemilu dan bagi mereka sekarang adalah tentang membatasi kerusakan”.

Menteri Konservatif yang sudah tidak menjabat lagi yang mencalonkan diri kembali juga menyatakan kekecewaan. “Anda tidak bisa berjuang dalam pemilu untuk menjadi runner-up yang baik, Anda harus berjuang dalam pemilu untuk menjadi yang pertama. Ini menjengkelkan. Rasanya seperti partai siap untuk menjatuhkan kursi,” kata mereka.

MEMBACA  Advokat terkejut saat mantan eksekutif minyak negara diangkat sebagai presiden COP29.

Perwakilan partai Konservatif mengatakan: “Satu-satunya hal yang akan kita akui adalah bahwa suara untuk partai lain adalah suara untuk Keir Starmer.”