Generasi Z Mendorong Lonjakan Minat pada Pekerjaan Pemerintah melalui TikTok

Di tengah pemutusan hubungan kerja yang meluas dan ketidakpastian ekonomi, generasi Z dan milenial sedang menggoda dengan gagasan kestabilan daripada karier yang glamor. Sekarang ini, pekerjaan pemerintah sedang menjadi tren di TikTok dengan tagar #pekerjaanpemerintah yang telah ditonton lebih dari 22 juta kali dan terus bertambah.

“Pekerjaan sektor publik adalah yang paling menarik,” kata Brandon Tamayo, seorang spesialis kepatuhan transportasi umum berusia awal tiga puluhan dari Chicago, yang dikenal dengan nama @thatssoobrandon di TikTok.

“Saya sangat menyukainya karena satu, saya selalu ingin menjadi pegawai pemerintah, dua, saya memiliki asuransi kesehatan yang bagus… dan tiga, saya dapat pensiun dalam 20 tahun,” jelasnya tentang keuntungan pekerjaannya kepada lebih dari 110.000 penonton.

“Jika Anda memiliki pinjaman mahasiswa seperti saya, setelah Anda bekerja di posisi Anda selama lebih dari 10 tahun dan membayar pinjaman mahasiswa Anda selama 120 kali pembayaran, pinjaman tersebut akan dihapus,” tambah Tamayo. “Pada saat saya berusia 40 tahun, pinjaman mahasiswa saya akan dihapus.”

Meskipun mengklaim bahwa ia bisa menghasilkan enam angka jika beralih ke sektor swasta, tidak ada gaji yang “mengubah hidup” yang bisa meyakinkan Tamayo untuk meninggalkan kestabilan yang saat ini ia nikmati.

Mengapa? Karena risiko di-PHK di sektor swasta saat ini terlalu besar, katanya, dan dia bukan satu-satunya yang merasakan hal ini.

PHK mendorong minat terhadap pekerjaan pemerintah

Pada saat yang sama ketika pekerjaan pemerintah mulai menarik minat di TikTok, pekerja muda dengan berbondong-bondong membagikan video mereka yang di-PHK.

Terdapat 20.000 postingan dengan tagar #phk di platform tersebut, dan hal ini membuat kestabilan dalam pekerjaan sektor publik semakin menarik bagi generasi muda.

MEMBACA  Pasar Saham Hari Ini: Dow Jones Naik Berdasarkan Data Inflasi; Saham AI Snowflake Jatuh.

Tren pencarian Google menunjukkan bahwa istilah pencarian seperti “cara mendapatkan pekerjaan pemerintah” atau “gaji pekerjaan pemerintah” mencapai puncak tertinggi dalam lima tahun terakhir.

Setelah menyaksikan ratusan ribu pekerja kehilangan pekerjaan mereka dalam setahun terakhir – dengan jumlah pemutusan hubungan kerja sebanyak 240.000 hanya di sektor teknologi – lulusan sekarang menempatkan kestabilan sebagai faktor utama yang mereka cari dalam pekerjaan.

“Salah satu manfaat terbesar terutama di pasar sulit seperti ini adalah keamanan kerja,” kata Bonnie Dilber, seorang rekruter di TikTok, kepada para pengikutnya dalam salah satu video yang paling banyak ditonton di #pekerjaanpemerintah.

“Orang yang bekerja di sektor swasta tiga kali lebih mungkin kehilangan pekerjaannya dibandingkan dengan orang yang bekerja di pekerjaan pemerintah federal,” katanya, menambahkan bahwa pekerja sektor publik juga dapat menikmati “keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik” dengan waktu libur yang lebih banyak.

“Saya dipecat dari pekerjaan saya di sektor swasta pada tahun 2018,” tulis salah satu pengguna dalam komentar. “Saya mendapatkan pekerjaan di pemerintah setempat dan telah mendapatkan 3 promosi sejak saat itu.”

Bahkan dalam video Tamayo, pengguna lain menggambarkan manfaat jangka panjang yang diberikan oleh pekerjaan pemerintah yang lebih berharga daripada penurunan gaji potensial.

“Saya sangat bersyukur saya masuk ke pemerintah federal segera setelah lulus kuliah – penyesuaian inflasi, keamanan kerja, cuti yang dibayar… terlalu banyak manfaat untuk dilewatkan,” tulis salah satu pengguna.

“Saya berusia 45 tahun dan telah bekerja di pemerintah negara bagian selama 23 tahun. Saya memiliki pensiun 25 tahun dengan persentase 3,33%. Tidak ada yang bisa mengalahkan manfaatnya,” tambah yang lain.

Tetapi salah satu keluhan yang paling umum di antara para penonton adalah bahwa sulit untuk mendapatkan karier yang diidamkan seumur hidup.

MEMBACA  Berkshire Hathaway tetap merahasiakan pilihan saham baru Buffett - lagi. Ini berarti bahwa perusahaan milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway, kembali merahasiakan pilihan saham baru yang mereka pilih.

Bagaimana mendapatkan pekerjaan pemerintah

Sejak videonya menjadi viral di platform tersebut, Tamayo sekarang memberikan saran kepada orang lain tentang bagaimana mendapatkan pekerjaan pemerintah.

Dia merekomendasikan kepada calon pekerja sektor publik untuk mengunjungi situs web USA jobs untuk mengetahui lembaga pemerintah federal mana yang sedang membuka lowongan.

Website tersebut bahkan mencantumkan “kebutuhan perekrutan mendesak” dengan peran yang harus segera diisi oleh pemerintah di berbagai sektor mulai dari HR dan keuangan hingga teknologi.

Tetapi jika tidak berhasil di sana, Tamayo menyarankan untuk mengecek situs web pemerintah setempat untuk melihat adanya lowongan.

Pengguna di bagian komentar setuju bahwa “mulailah dengan yang kecil dan lokal” – Anda selalu dapat berpindah ke posisi yang lebih menguntungkan setelah Anda mendapatkan kesempatan.

“Saran terbesar yang saya berikan adalah bersabar setelah Anda mengirimkan aplikasi Anda karena mungkin butuh waktu beberapa saat bagi mereka untuk menghubungi Anda,” katanya, menambahkan bahwa dia tidak mendengar berita apa pun selama tiga bulan, dan kemudian butuh dua bulan lagi untuk mendapatkan tawaran pekerjaan.

“Jangan putus asa,” tutupnya. “Ini pasti sepadan.”

Langganan buletin CEO Daily untuk mendapatkan pandangan CEO tentang berita terbesar di dunia bisnis. Daftar gratis.