goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Buruh Menolak Menangguhkan Calon Pemilihan Rochdale karena Komentar tentang Israel

Membuka Editor’s Digest secara gratis

Buruh mempertahankan keputusannya untuk tidak menangguhkan kandidat partai dalam pemilihan sela Rochdale setelah ia memicu perselisihan antisemitisme dengan menyatakan bahwa Israel membiarkan Hamas menyerang pada tanggal 7 Oktober.

Tim Sir Keir Starmer khawatir bahwa jika Azhar Ali ditangguhkan, itu dapat memperburuk ketegangan di masyarakat Rochdale dan membantu kampanye rival dari kandidat pro-Palestina dan mantan anggota parlemen Labour George Galloway.

Nick Thomas-Symonds, menteri kabinet bayangan, mengatakan Ali telah terjebak dalam teori konspirasi bahwa Israel dengan sengaja mengendurkan pengamanannya menjelang serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober untuk memberinya alasan untuk menyerang Gaza.

“Councillor Ali telah meminta maaf tanpa syarat, dia telah mencabut pernyataan tersebut, dan dia juga telah menunjukkan rasa seriusnya atas pelanggaran yang telah terjadi,” kata Thomas-Symonds kepada BBC.

Ia mengatakan Ali mengakui “perlunya sekarang untuk melakukan banyak pekerjaan untuk membangun kembali kepercayaan dengan komunitas Yahudi,” dan menambahkan: “Jadi itulah alasan dia tidak ditangguhkan.”

Pemilihan sela di Rochdale, di barat laut Inggris, akan dilaksanakan pada tanggal 29 Februari dan sekarang terlalu terlambat bagi Buruh untuk menghapus nama Ali dari kertas suara karena pencalonan ditutup pada awal bulan ini.

Ali telah mengatakan pada pertemuan anggota Buruh segera setelah serangan tanggal 7 Oktober bahwa Israel “dengan sengaja melepas keamanan,” menurut rekaman pertama kali dilaporkan oleh Mail on Sunday.

“Mereka membiarkan… pembantaian itu memberi mereka lampu hijau untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan,” tambahnya. Ali telah meminta maaf atas komentar tersebut.

Partai Konservatif telah meminta Starmer untuk menangguhkan Ali dari Buruh dan menarik dukungan kampanye.

MEMBACA  Warga Palestina Bersiap Menghadapi Evakuasi Rafah, Rencana Serangan Israel

Konservatif memposting di X pada hari Minggu: “Labour yang sama lama. Mereka tidak berubah. Mengapa Labour Keir Starmer masih berdiri dengan ini?”

Sebagai tanda bahwa partai oposisi sedang berusaha memperkuat Ali, mantan anggota parlemen Labour Louise Ellman, yang mengundurkan diri dari partai karena dugaan antisemitisme selama kepemimpinan Jeremy Corbyn, berbicara untuk mendukung kandidat tersebut.

Ellman, yang kemudian kembali bergabung dengan Labour, mengatakan: “Saya telah mengenal Azhar selama lebih dari 20 tahun dan ia secara konsisten mendukung saya ketika saya menjadi sasaran serangan antisemitisme.”

“Dia sekarang harus memiliki kesempatan untuk bekerja dengan komunitas Yahudi untuk mengembalikan kepercayaan yang hilang akibat tindakannya,” tambahnya.

William Hill, bandar taruhan, memprediksi Labour memiliki peluang 4/11 untuk memenangkan kursi tersebut, yang kosong setelah kematian anggota parlemen Labour Tony Lloyd bulan lalu, sedangkan Galloway, yang mencalonkan diri untuk partai Workers, memiliki peluang 2-1.

Buruh sebelumnya telah menangguhkan anggota parlemen atas komentar mengenai konflik Israel-Hamas.

Bulan lalu, anggota parlemen Labour sayap kiri Kate Osamor ditangguhkan oleh partai karena mencantumkan perang di Gaza sebagai contoh terbaru dari genosida dalam pesan tentang Holocaust Memorial Day. Ia meminta maaf atas komentar tersebut.