TNI Habema mengadakan program Papua cerdas di sekolah menyusul kebakaran

Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (TNI) Komando Operasi Habema (Koops Habema) pada hari Senin melaksanakan langkah-langkah dalam program Smart Papua untuk mendukung kegiatan belajar di Sekolah Lapangan Homeyo di Kecamatan Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

“Ini adalah salah satu upaya Koops Habema untuk memberikan layanan dasar bagi masyarakat Papua guna mempercepat pembangunan di wilayah Papua,” kata Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) III Letnan Jenderal Richard T. H. Tampubolon dalam pernyataan pers yang diterima ANTARA di sini pada hari Senin.

“Situasi aman di Kecamatan Homeyo telah meningkatkan antusiasme masyarakat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik, termasuk kegiatan pendidikan untuk anak-anak di Sekolah Lapangan yang diinisiasi oleh Koops Habema melalui Program Smart Papua,” tambahnya.

Program yang diselenggarakan oleh Pasukan Tugas Teritorial Koops Habema yang dipimpin oleh Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan dilaksanakan setelah situasi di kecamatan tersebut dinyatakan aman setelah evakuasi terakhir, dan warga diperbolehkan untuk kembali menjalankan aktivitas normal.

Koops Habema telah mendeploy Pasukan Tugas Teritorial (Satgaster) sebagai Komando Teritorial Persiapan Intan Jaya di lokasi tersebut.

Pasukan tugas tersebut terus membantu masyarakat Homeyo, terutama dalam menyediakan layanan dasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk fasilitas pendidikan untuk anak-anak.

Baru-baru ini, Organisasi Papua Merdeka (OPM) membakar gedung Sekolah Dasar Inpres Pogapa di Kecamatan Homeyo, yang dihadiri oleh anak-anak di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Gedung fisik SDN Inpres Pogapa dibakar habis, dan yang tersisa hanyalah puing.

Hal ini membuat sulit bagi anak-anak dan guru untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar.

Untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar di wilayah tersebut, Koops Habema mengajak warga untuk bekerja sama membersihkan puing dan mendirikan tenda TNI untuk mendirikan Sekolah Lapangan di lahan sekolah tersebut.

MEMBACA  Sukarelawan adalah Bagian Inti Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran

Program Smart Papua melibatkan beberapa kegiatan, termasuk distribusi seragam sekolah dan buku, serta kegiatan belajar dan bermain yang dipimpin oleh Prajurit Pasukan Tugas Teritorial Koops Habema.

Berita terkait: Kepala Polisi Yalimo menghadapi pemecatan setelah empat senjata laras hilang

Berita terkait: RIPPP membantu percepatan pembangunan manusia di Papua, kata kementerian

Reporter: Katriana
Editor: Rahmad Nasution
Hak cipta © ANTARA 2024