TNI AL Berhasil Mengungkap Sindikat Penyelundupan Benih Lobster ke Vietnam Senilai 46 Miliar

Kamis, 16 Mei 2024 – 14:05 WIB

Jakarta – TNI Angkatan Laut dari unsur Tim Fleet One Quick Respone (F1QR) Lanal Palembang berhasil mengungkap sindikat penyelundup Benih Bening Lobster (BBL) di perairan Jambi, Sumatera Selatan.

Baca Juga :

Kisah Tak Terduga Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Fadjar Bermotor Tembus Hutan Lebat Hingga Rawa Darah

Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Palembang Kolonel Laut (P) Sandi Kurniawan mengatakan, Tim F1QR Lanal Palembang telah berhasil menangkap empat orang pelaku penyelundupan benih lobster di sekitar Perairan Lambur Luar, Tanjung Jabung Timur, Jambi pada hari Jum’at, 10 Mei 2024 lalu.

Dari tangan keempat tersangka, lanjut Danlanal Palembang, Tim F1QR telah berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 52 boks BBL jenis Pasir dan Mutiara sebanyak 277.800 ekor atau setara dengan Rp46.8 miliar.

Baca Juga :

Lawrence Wong Resmi Jadi PM Singapura

Selain itu, lanjut Kolonel Sandi, Tim F1QR Lanal Palembang juga mengamankan satu buah kapal kayu (pompong) yang digunakan oleh para pelaku untuk membawa ratusan ribu ekor benih lobster tersebut ke sebuah kapal cepat yang sudah menunggu di tengah laut untuk kemudian dibawa ke Perairan Singapura.

“Jadi modus mereka ini, mereka membawa benih lobster dengan kapal kayu menuju kapal cepat yang akan membawa benih lobster ini ke luar negeri. Info dari para pelaku benih lobster ini akan dikirim ke Singapura dengan tujuan akhir Vietnam,” kata Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Sandi Kurniawan dalam konfrensi pers yang digelar di Markas Komando Lantamal III Jakarta Pusat, Kamis, 16 Mei 2024.

Baca Juga :

Prabowo Bocorkan Gaya Kepemimpinannya: Saya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

MEMBACA  Polres Metro Depok Mengungkap Kasus Peredaran Narkoba Sabu-sabu dan Ganja Cair

VIVA Militer: TNI AL tangkap 4 orang pelaku penyelundup benih lobster

Lebih jauh Dia menjelaskan, keberhasilan Tim F1QR Lanal Palembang dalam menangkap keempat pelaku penyelundupan itu berdasarkan dari pengembangan yang dilakukan oleh tim intelijen TNI AL dari satuan Lanal Palembang yang sebelumnya telah berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster di Pesisir Sungai Desa Sumber Teluk Betung, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan pada tanggal 2 Mei 2024 lalu.

“Jadi hasil tangkapan ini merupakan pengembangan dari penangkapan kita sebelumnya. Pada tanggal 2 Mei 2024 kita juga berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster senilai Rp15 miliar yang dikemas di dalam 18 boks styrofom dengan total jumlah sekitar 99.648 ekor benih bening lobster,” ujarnya.

Danlanal Palembang Kolonel Sandi lebih jauh mengungkapkan, keempat orang penyelundup dengan inisial MS (31 th), SL (42 th), HT (30 th), dan MR (23 th) saat ini masih menjalani proses pemeriksaan di Lanal Palembang.

“Saat ini keempat pelaku sudah kita amankan di Lanal Palembang untuk pendalaman lebih lanjut,” ujarnya.

Sementara itu, untuk ratusan ribu benih lobster yang berhasil diselamatkan diserahkan langsung ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk kepentingan budidaya.

Halaman Selanjutnya

“Jadi hasil tangkapan ini merupakan pengembangan dari penangkapan kita sebelumnya. Pada tanggal 2 Mei 2024 kita juga berhasil menggagalkan penyelundupan benih lobster senilai Rp15 miliar yang dikemas di dalam 18 boks styrofom dengan total jumlah sekitar 99.648 ekor benih bening lobster,” ujarnya.