Pemeliharaan Pesawat Heli HS-1305 Dilakukan untuk Menjaga Kinerja Alutsista

Minggu, 11 Februari 2024 – 10:03 WIB

Untuk menjaga performa alat utama sistem persenjataan (alutsista) tetap baik, Heli HS-1305 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL melakukan Aircraft Maintenance di geladak Heli KRI Diponegoro-365 saat sandar di Port of Beirut, Lebanon pada Jumat (9/2/2024). Foto: Dispenal

jpnn.com, JAKARTA – Guna menjaga performa alat utama sistem persenjataan (alutsista) tetap baik, Heli HS-1305 yang tergabung dalam Satgas MTF TNI KONGA XXVIII-O UNIFIL melakukan Aircraft Maintenance di geladak Heli KRI Diponegoro-365 saat sandar di Port of Beirut, Lebanon pada Jumat (9/2/2024).

Helikopter Panther AS 565 MBe HS1305 yang berada di bawah satuan Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Puspenerbal ini, diawaki oleh 2 Pilot, 2 Copilot. Salah satunya adalah perempuan, dan 5 Crew (Flight Enginer, Mekanik 1 dan 2, Avionik dan Operator Flir.

Pelibatan Helikopter Panther AS 565 MBe HS1305 dalam Satgas ini dengan kondisi medan penugasan di laut dalam waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, perlu perawatan dan pemeliharaan helikopter agar selalu dalam kondisi siap terbang dan beroperasi normal.

Aircraft maintenance adalah sebuah prosedur perawatan dan pemeliharaan pesawat terbang yang perlu dilakukan baik secara terjadwal maupun tidak.

Adapun pelaksanaan maintenance ini meliputi perawatan sistem hidrolik main landing gear, penggantian filter hidrolik, pengecekan sistem avionik serta perawatan secara umum pada kabin helikopter.

Selain itu, kegiatan maintenance ini juga bermanfaat bagi para mekanik yang masih muda untuk dapat belajar tentang bagaimana prosedur perawatan dan pemeliharaan Helikopter AS 565 MBe Panther.

Pelaksanaan Aircraft Maintenance ini selaras dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, yaitu TNI Angkatan Laut memfokuskan diri untuk mencapai kekuatan yang siap dioperasionalkan.

MEMBACA  Jokowi Menyarankan Evaluasi Format Debat Capres agar Tidak Menguntungkan Salah Satu Kandidat

Untuk menjaga performa alutsista tetap baik, Heli HS-1305 melaksanakan Aircraft Maintenance di geladak Heli KRI Diponegoro-365 saat sandar di Port of Beirut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News