goY sNt 2Go aDD Mju djj EfP sb YkG RU

Mengapa Pangeran William Tidak Mengenakan Cincin Pernikahan?

Senin, 12 Februari 2024 – 15:51 WIB

London – Pangeran William, putra mahkota kerajaan Inggris, menjadi pusat perhatian publik karena tidak mengenakan cincin pernikahan dalam berbagai kesempatan. Pernikahan William dan Kate Middleton pada tahun 2011 telah menarik perhatian dari seluruh dunia.

Baca Juga :

Sahabat Kate Middleton Beberkan Kondisi Kesehatan Sang Putri Pasca Operasi Perut

Alasan William tidak mengenakan cincin pernikahan seperti yang dilakukan oleh adiknya, Pangeran Harry, saat menikahi Meghan Markle pada tahun 2018, telah diumumkan oleh keluarga kerajaan. Dilansir oleh Mirror, William memutuskan untuk tidak mengenakan cincin pernikahan sejak pernikahan kerajaan pada tahun 2011. Mengapa? Mari kita lihat jawabannya.

Saat prosesi pemberkatan pernikahan di Westminster Abbey, Kate tidak memasangkan cincin pernikahan di jari manis William. Ini merupakan perbedaan besar dengan pernikahan Windsor Harry dan Meghan, di mana keduanya memasangkan cincin pernikahan di jari manis mereka saat pemberkatan pernikahan.

Baca Juga :

Pangeran William Gantikan Tugas Raja Charles Selama Masa Pengobatan Kanker

Seorang sumber terdekat mengungkap alasan William saat itu adalah karena preferensinya untuk tidak mengenakan perhiasan.

Baca Juga :

Pangeran Harry Kembali ke LA Pasca Jenguk Raja Charles yang Menderita Kanker

“Dia bukan orang yang suka mengenakan perhiasan. Dia tidak pernah mengenakannya. Dia memutuskan untuk tidak mengenakannya sekarang. Semua tergantung pada preferensi pribadinya,” kata seorang sumber.

Pilihan William ini juga diikuti oleh sang kakek, Pangeran Philip. Mendiang Pangeran Philip juga tidak pernah mengenakan cincin pernikahan, dan pada kenyataannya, itu adalah kebiasaan yang relatif baru bagi pria.

‚ÄúPerang Dunia II dianggap telah menandai pergeseran besar, di mana banyak pria Barat yang bertarung di luar negeri memilih untuk mengenakan cincin pernikahan sebagai pengingat tentang istri dan keluarga mereka yang menunggu di rumah,” seperti dilaporkan oleh BBC.

MEMBACA  Pembalap Max Verstappen Menjadi Yang Terbaik di Musim Formula 1 2023

Namun, para ahli yang diwawancarai oleh BBC menjelaskan bahwa sebelum pertengahan abad ke-20, hampir tidak ada pria yang mengenakan cincin pernikahan, dan ini terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah bahwa persepsi tentang pernikahan telah berubah karena wanita telah mendapatkan lebih banyak hak.

Hal ini kemungkinan telah menyebabkan pergeseran dari gagasan bahwa cincin pernikahan hanya dikenakan oleh pengantin wanita karena mewakili kepemilikan oleh suami, menjadi gagasan bahwa pria dan wanita sama-sama mengenakan cincin pernikahan sebagai tanda kesetaraan, dan itu seharusnya menjadi sesuatu yang mengikat mereka berdua dengan cara yang sama.

Sementara itu, baik Kate maupun Meghan menggunakan cincin pernikahan yang terbuat dari emas Welsh. Ini merupakan tradisi turun-temurun dari ibu suri pada saat itu, Lady Elizabeth Bowes-Lyons, yang diberikan cincin yang terbuat dari emas Clogau langka pada tahun 1923 ketika dia menikah dengan Raja George VI.

Emas Clogau yang sama juga digunakan untuk cincin pernikahan Ratu Elizabeth, Putri Margaret, dan Putri Diana.

Halaman Selanjutnya

“Perang Dunia II dianggap telah menandai pergeseran besar, di mana banyak pria Barat yang bertarung di luar negeri memilih untuk mengenakan cincin pernikahan sebagai pengingat tentang istri dan keluarga mereka yang menunggu di rumah,” seperti dilaporkan oleh BBC.