Lalu lintas penumpang kereta api melonjak 50% saat Tahun Baru Imlek di China

Jumlah penumpang yang menggunakan kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh meningkat sebesar 50 persen selama akhir pekan panjang yang memperingati Isra Miraj dan Tahun Baru Imlek, demikian informasi yang diberikan oleh operator kereta PT KCIC.

“Kereta Cepat Whoosh telah melayani 20 ribu penumpang selama liburan ini, peningkatan sebesar 50 persen dibandingkan dengan periode yang sama minggu lalu,” kata Eva Chairunnisa, Sekretaris Perusahaan PT KCIC, di Bandung, Jawa Barat, pada hari Sabtu.

Dia menginformasikan bahwa lonjakan penumpang dimulai pada hari Rabu (7 Februari 2024), ketika kereta cepat pertama di Asia Tenggara ini melayani sekitar 18 ribu penumpang, naik 47 persen dibandingkan dengan angka yang tercatat minggu sebelumnya.

“Untuk menampung peningkatan permintaan, KCIC telah menambahkan delapan perjalanan, sehingga totalnya menjadi 48 perjalanan yang tersedia setiap hari,” kata Eva.

Selama periode liburan, KCIC juga meningkatkan total kapasitas tempat duduk sebesar 4.808 dengan penambahan perjalanan, tambahnya. Oleh karena itu, kereta Whoosh dapat melayani sebanyak 28.848 penumpang setiap hari.

“Perjalanan tambahan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, mengingat sebagian besar tiket telah terjual. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk meningkatkan jumlah perjalanan untuk menyesuaikan dengan tingkat permintaan yang tinggi,” katanya.

Eva menambahkan bahwa kereta cepat Whoosh terbukti menjadi sarana transportasi massal yang sangat efektif bagi orang-orang yang mencari perjalanan bebas kemacetan antara Jakarta dan Bandung, terutama selama liburan panjang.

Menurut survei, 48 persen penumpang kereta sebelumnya mengandalkan kendaraan pribadi mereka untuk bepergian antara dua kota tersebut, tambahnya.

Tiket kereta cepat dapat dibeli melalui saluran resmi, seperti aplikasi Whoosh, situs web ticket.kcic.co.id, mesin penjual tiket, dan loket tiket di stasiun. Orang juga dapat memperoleh tiket melalui aplikasi mitra, termasuk Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

MEMBACA  Ditahan dan Dideportasi oleh Imigrasi, Warga Amerika Ini Akhirnya Dipulangkan

Berita terkait: Masyarakat harus merayakan keragaman budaya pada Tahun Baru Imlek: Jokowi
Berita terkait: Tahun Baru Imlek momentum untuk meningkatkan diri: Wapres Amin
Berita terkait: AP II mengharapkan lonjakan 7-10 persen dalam jumlah penumpang udara selama akhir pekan panjang