Kementerian akan membangun 200 rumah untuk korban banjir lahar dingin Marapi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera membangun 200 rumah bagi warga yang rumahnya rusak atau tidak layak huni akibat banjir lahar dingin dari Gunung Marapi, Sumatera Barat.

“Menteri PUPR telah menyiapkan 200 unit rumah untuk segera dibangun di area relokasi,” kata Suharyanto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), di Padang Pariaman, Sumatera Barat, pada hari Kamis.

Beliau membuat pernyataan tersebut setelah menyerahkan bantuan kemanusiaan dari Kementerian Pertahanan kepada korban banjir lahar dingin.

Terkait lokasi pembangunan rumah, pemerintah daerah saat ini masih melakukan survei lokasi yang aman dari potensi banjir lahar dingin berikutnya.

“Sudah ada beberapa lokasi alternatif. Semoga, hari setelah besok, akan jelas di mana mereka akan dibangun,” ujarnya.

Beliau memastikan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah akan seimbang dalam upaya mencari korban yang hilang, menangani pengungsi, dan membangun rumah baru bagi para korban.

Pada kesempatan tersebut, beliau juga memastikan bahwa dalam dua minggu ke depan, berbagai kebutuhan logistik bagi korban banjir lahar dingin dapat terpenuhi.

BNPB melaporkan bahwa hingga hari Kamis, 67 orang meninggal dalam bencana yang terjadi pada Sabtu (11 Mei).

Saat ini, BNPB, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kota Padang, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) masih melakukan pencarian untuk 20 warga yang hilang akibat bencana tersebut.

Banjir bandang dan banjir lahar dingin melanda beberapa kecamatan di kabupaten Agam, Tanah Datar, dan Padang Pariaman, serta kota Padang Panjang dan Padang di Sumatera Barat, pada tanggal 11 Mei.

Bencana tersebut menyebabkan kerusakan serius dan memutus jalur transportasi Padang-Agam-Tanah Datar-Bukittinggi-Solok. Pemerintah kemudian memutuskan untuk melaksanakan periode tanggap darurat selama 14 hari ke depan, dimulai pada tanggal 13 Mei.

MEMBACA  Diperlukan solusi lintas disiplin untuk masalah air: kementerian

Berita terkait: Total jumlah korban tewas banjir lahar dingin Marapi mencapai 67: BNPB
Berita terkait: Jumlah korban tewas banjir lahar dingin di Sumatera Barat mencapai 58: BNPB

Translator: Muhammad Zulfikar, Raka Adji
Editor: Anton Santoso
Hak cipta © ANTARA 2024