Jokowi Memeriksa Stok Beras, Memberikan Bantuan Beras di Merangin, Jambi

Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada hari Rabu, mengunjungi kompleks gudang perusahaan logistik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, untuk memeriksa stok beras sambil ikut dalam distribusi bantuan beras kepada masyarakat setempat.

“Hormatilah, apakah Anda sudah menerima bantuan beras 10 kilogram? Berdasarkan laporan yang saya terima, beberapa dari Anda telah menerima bantuan tersebut sebanyak tiga kali, sementara beberapa hanya sekali. Apakah benar?” tanya beliau kepada para penerima bantuan, seperti yang dikutip dari pernyataan yang dirilis oleh sekretariatnya di Jakarta.

Kepala negara memberitahu para penerima bantuan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk terus memberikan bantuan beras hingga bulan Juni tahun ini sambil mencatat bahwa periode distribusi dapat diperpanjang lebih jauh jika Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mengizinkan.

“Kami akan mengkaji kapasitas APBN terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memperpanjang periode distribusi bantuan sampai Juli, Agustus, September, Oktober, November, dan Desember. Saya tidak bisa berjanji kepada Anda tetapi kami akan memperpanjang periode hingga Desember jika APBN mengizinkan,” tegasnya.

Seorang warga setempat, Sarah, menyatakan harapannya agar distribusi bantuan beras diperpanjang, karena ia menganggap bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi keluarganya.

“Segala puji bagi Allah, saya benar-benar dibantu (oleh bantuan) di bulan Ramadan ini, mengingat harga beras masih cukup tinggi. Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih kepada Pak Jokowi,” ujarnya.

Sinur Murni, seorang penerima bantuan lainnya, mengakui merasa lega dengan bantuan beras yang telah diterimanya sebanyak tiga kali.

“Sebagai orang dengan kapasitas ekonomi rendah, saya sangat bersyukur. Saya telah menerima bantuan beras sebanyak tiga kali. Terima kasih,” katanya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala Badan Ketahanan Pangan (Bapanas) Arief Prasetyo Adi, Gubernur Jambi Al Haris, dan Bupati Merangin Mukti mendampingi Presiden Jokowi selama kegiatan tersebut.

MEMBACA  Ukraina bertujuan memberikan 'kerugian sistemik maksimal' kepada Rusia pada tahun 2024, kata Zelenskyy