Jokowi memeriksa fasilitas di rumah sakit umum daerah di S Lampung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari Kamis melakukan inspeksi fasilitas dan layanan medis di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Bob Bazar di Lampung Selatan, Lampung.

Kunjungannya bertujuan untuk memastikan kesiapan rumah sakit untuk menerima dan mengoperasikan peralatan medis canggih yang direncanakan oleh pemerintah pusat.

Jokowi menekankan bahwa rumah sakit harus mengambil langkah persiapan karena pemerintah berencana mengirimkan peralatan medis berukuran besar yang memerlukan ruang yang luas.

Peralatan tersebut termasuk perangkat untuk kateterisasi, mamografi, CT scan, dan magnetic resonance imaging (MRI).

Pemerintah akan mulai mengirimkan peralatan yang ditentukan pada bulan September tahun ini.

“Saya telah diberitahu bahwa ruang untuk CT scan sedang disiapkan. Saya akan meminta bantuan dari kepala daerah dan gubernur untuk mempersiapkan ruang untuk laboratorium kateterisasi dan mamografi,” ujar Jokowi.

Direktur rumah sakit, Reny Indrayani, mencatat bahwa fasilitas kesehatan ini dikelola oleh 26 dokter spesialis dan menawarkan layanan yang relatif komprehensif.

Dia menyebutkan bahwa rumah sakit membutuhkan dokter spesialis untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit jantung, gangguan neurologis, dan kanker. Selain itu, terdapat kekurangan ahli jantung, ahli saraf, dan ahli onkologi.

Indriyani berharap agar pemerintah membantu dalam memperluas fasilitas dan meningkatkan kapasitas ruangan.

“Saat ini, kami menangani sekitar 400-500 pasien rawat inap setiap bulan, tetapi kami hanya memiliki 250 tempat tidur,” tambahnya.

Berita terkait: Jokowi desak penurunan harga obat, alat medis
Berita terkait: Jokowi perintahkan rumah sakit lapangan di Gaza, Prabowo menyatakan

Translator: Riadi G, Tegar Nurfitra
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024

MEMBACA  Pemilihan Umum Pertama Setelah Protes Massa Dimulai