FIKOM UP Menggelar Festival Film Internasional Berkelanjutan 2024

Selasa, 11 Juni 2024 – 08:06 WIB

JAKARTA – Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (Fikom UP) menggelar International Sustainable Film Festival (ISFF) 2024. Tema yang diangkat adalah ‘Awakening Our Youth’.

Baca Juga :

Mahasiswa Hingga Pelajar Banyak terjerat Judi Online, Pemerintah Tetapkan Usia Pengguna

Dekan Fikom UP Anna Agustina mengatakan ada 39 film bertema Sustainable Development Goals (SDG’s) yang mengikuti kompetisi. Penilaian dibagi dalam tiga kategori.

“Kita ada tiga kategori yaitu kategori pelajar, fiksi umum/perguruan tinggi, dan dokumenter umum/perguruan tinggi,” katanya, Senin (10/6/2024).

Baca Juga :

Syuting Film Horor, Natasha Wilona Ngaku Ketakutan

Juri dalam perlombaan ini Antara lain produser dan sutradara Monty Tiwa, aktor Ricky Wattimena, serta praktisi media dan dosen Fikom UP Joko Utomo Hadibroto.

“Terdapat tiga pemenang dari masing-masing kategori yang dipilih oleh tiga orang juri,” ujarnya.

Baca Juga :

Ini Manfaat Pembangkit Listrik Karya Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang

Dalam kesempatan tersebut juga digelar diskusi mengulas dunia perfilman Indonesia. Narasumber yang dihadirkan adalah sutradara dan penulis naskah Riri Riza.

“Sebagai praktisi film yang telah mendapat banyak penghargaan nasional dan internasional, Riri Riza membagikan pengalaman seputar film dan pandangannya mengenai keberlanjutan,” tambahnya.

Anna menuturkan, kegiatan ini bertujuan mengajak generasi muda untuk lebih memahami tema keberlanjutan melalui karya film.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat, khususnya generasi muda, pelajar, dan mahasiswa dapat memahami pentingnya memperhatikan keberlanjutan dalam kehidupan mereka sehari-hari,” ucap Anna.

Di tempat yang sama, ketua panitia acara, Sofia Primalisanti mengatakan, saat ini tema keberlanjutan menjadi perhatian masyarakat dunia, dan film dapat menjadi medium efektif yang dapat digunakan untuk menyebarkan nilai-nilai keberlanjutan.

MEMBACA  Arab Saudi menahan 37 jamaah haji asal Makassar karena pelanggaran visa

“Generasi muda akan lebih mudah memahami isu keberlanjutan melalui karya film, oleh sebab itu tema keberlanjutan penting untuk diterjemahkan dalam bentuk audio visual sehingga dapat ditonton seluas-luasnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Tema ‘Awakening Our Youth’ dipilih untuk mengajak generasi muda bergerak dan berbuat sesuatu bagi keberlanjutan lingkungan. Selain diskusi film dan awarding ceremony, acara ini juga diisi oleh hiburan berupa penampilan musik dan stand up comedy yang diisi oleh mahasiswa dan alumni Fikom UP.

Halaman Selanjutnya

Anna menuturkan, kegiatan ini bertujuan mengajak generasi muda untuk lebih memahami tema keberlanjutan melalui karya film.