Evania Rumbobiar’s Touching Story: Receiving a Full Scholarship for the Indonesian National Military Academy’s Medical Bachelor’s Program

Selasa, 13 Februari 2024 – 10:22 WIB

Bogor – Terdapat kisah haru dari salah satu wisudawati yang mendapatkan beasiswa penuh dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI. Mahasiswi tersebut bernama Evania Rumbobiar.

Baca Juga :

Media Asing Soroti Prabowo Subianto yang Berpeluang Menang Pilres Satu Putaran

Ia menceritakan sepenggal kisah hidupnya yang menyentuh hati, saat Sidang Senat Terbuka Wisuda 573 orang Mahasiswa Program S-1, S-2 dan S-3, Senin, 12 Februari 2024 di Unhan RI, Bogor, Jawa Barat.

Wisudawati penerima beasiswa penuh fakultas Kedokteran Militer Unhan

Baca Juga :

Dukung Pemilu Damai, Rudyono: Tidak Boleh Ada Keikutsertaan secara Negatif Atas Nama Kampus

Diketahui bahwa Evania Rumbobiar ini salah satu wisudawati yang menerima Program Sarjana Kedokteran Militer Unhan RI. Ia bercerita, mengaku sempat mengubur mimpinya untuk kuliah kedokteran mengingat mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, ayahnya hanya tukang ojek yang harus menghidupi ketujuh anak-anaknya.

“Sejak kecil saya bermimpi ingin menjadi dokter. Tetapi apakah hal itu mungkin bisa terjadi? Terpikir betapa mahalnya biaya pendidikan kedokteran itu, membuat hati saya ciut tak bernyali. Saya tidak mungkin membebani orang tua saya. Papa saya yang bekerja sebagai tukang ojek dan memiliki 7 orang anak,” ujarnya, dikutip Selasa, 13 Februari 2024.

Baca Juga :

Menhan Prabowo di Wisuda Unhan: Pekerja Keras akan Bertahan di Tengah Tantangan Zaman

Awalnya tidak yakin bisa mewujudkan mimpinya itu, namun kemudian ada program sarjana dengan status beasiswa penuh. Dari ribuan pendaftar, ia menjadi salah satu yang diterima program tersebut.

“Namun saya masih memiliki satu harapan. Secercah harapan muncul, di mana Unhan RI membuka program S1 dengan status beasiswa penuh,” bebernya.

MEMBACA  Tuntutan kelompok farmasi atas program harga obat Medicare ditolak oleh Reuters.

“Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka. Dari ribuan orang yang mendaftar, saya termasuk satu dari 300 yang diterima sebagai kadet Mahasiswa Unhan. Diterima sebagai Kadet di fakultas kedokteran Militer Unhan, merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa,” imbuhnya sambil menahan air mata.

Ia mengaku jika program tersebut benar-benar tidak dipungut biaya sama sekali dalam hal pendidikan. Bahkan, kebutuhan pribadi sampai dipenuhi.

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Unhan

“Saya tidak perlu memikirkan bagaimana orang tua kami harus membayar uang semesteran, kos-kosan, uang makan, dan bahkan sarana yang dibutuhkan. Semua hanya tersedia di sini. Biaya kuliah gratis, tempat tinggal di mes, makan, snack, vitamin, susu, bahkan laptop untuk perorangan. Serta seragam dari ujung kepala hingga kaki,” terangnya.

“Ada di mana lagi sekolah kedokteran gratis dan malah diberi uang saku. Selama menempuh pendidikan kedokteran di sini,” imbuh Evania.

Wisudawati penerima beasiswa penuh fakultas Kedokteran Militer Unhan

Ia pun berterimakasih kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang telah melahirkan program beasiswa tersebut. Sehingga, calon mahasiswa kedokteran bisa mewujudkan mimpinya meski terkendala dengan biaya.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri Pertahanan, Bapak Prabowo Subianto yang telah melahirkan program ini menjadi harapan besar bagi kami untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang besar. Walaupun biaya yang sangat besar, tapi ini menjadi suatu hal yang luar biasa dalam kehidupan kami,” pungkasnya.

Indonesia memiliki “mutiara-mutiara” putra-putri Nusantara yang terpendam di seluruh penjuru negeri, dan pemerintah melalui Unhan RI berupaya mengangkat “mutiara-mutiara” tersebut, tanpa membeda-bedakan status, demi untuk mewujudkan mimpi anak-anak Bangsa menggapai masa depan yang gemilang.

Bagi kamu yang ingin sekolah kedokteran dan terhalang oleh biaya, bisa mendaftarkan kuliah di Unhan RI. Pendaftaran masih dibuka sampai akhir bulan ini. Informasi pendaftaran mahasiswa baru : https://penerimaan.idu.ac.id/.

MEMBACA  Angkatan Laut dan Kepolisian Melakukan Patroli untuk Mencegah Perahu Rohingya Masuk ke Riau

Halaman Selanjutnya

“Saya sangat bersyukur dan tidak menyangka. Dari ribuan orang yang mendaftar, saya termasuk satu dari 300 yang diterima sebagai kadet Mahasiswa Unhan. Diterima sebagai Kadet di fakultas kedokteran Militer Unhan, merupakan suatu kebanggaan yang luar biasa,” imbuhnya sambil menahan air mata.