Eko Yuli Irawan Mencetak Sejarah Baru dengan Memenangkan Tiket Olimpiade 2024

Jakarta – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyatakan bahwa atlet angkat besi Eko Yuli Irawan yang berhasil lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024 telah mencatatkan sejarah baru sebagai seorang atlet Indonesia yang mengikuti lima edisi Olimpiade.

Eko, yang berhasil mendapatkan tiket untuk berkompetisi di Olimpiade Paris 2024 setelah tampil di International Weightlifting World Cup di Phuket, Thailand, pada Selasa (3/4), menjadi atlet Indonesia pertama yang berhasil tampil dalam lima edisi Olimpiade.

Meskipun Eko berhasil menyelesaikan angkatan snatch seberat 133 kilogram, namun ia belum dapat menyelesaikan angkatan clean and jerk dengan sempurna karena masih mengalami masalah cedera lutut yang belum sembuh sepenuhnya.

Lolosnya Eko ke Olimpiade Paris 2024 menambah prestasi atlet tersebut dalam mengikuti ajang kompetisi olahraga tertinggi dunia tersebut sebanyak lima kali. Sebelumnya, Eko telah menyumbangkan medali perunggu dan perak pada Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dan Olimpiade Tokyo 2020.

KOI menyambut dengan gembira pencapaian Eko ini dan menganggapnya sebagai motivasi bagi atlet-atlet lain di Indonesia. Mereka berharap agar Eko dan atlet lainnya dapat menyumbangkan medali emas pada Olimpiade Paris 2024.

MEMBACA  KPK Mengumumkan Mendapatkan Restu KPU untuk Gelar Pertukaran Ide Komitmen Antikorupsi