Diduga Melanggar Pemilu, Elly Rachmat Yasin Diselidiki oleh Bawaslu

Jumat, 29 Desember 2023 – 00:10 WIB

Bawaslu Kabupaten Bogor, dalam memberikan keterangan resmi kepada awak media, membahas dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh Elly Rachmat Yasin.

jabar.jpnn.com, KABUPATEN BOGOR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor sedang menyelidiki dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh Elly Rachmat Yasin, caleg incumbent DPR RI dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kordiv Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi, Bawaslu Kabupaten Bogor, Juhdi mengatakan bahwa dalam kasus ini, mereka akan menyelidiki keterlibatan Kepala Desa atau ASN dalam kegiatan Elly Rachmat Yasin di salah satu pondok pesantren di Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

“Dugaan keterlibatan kepala desa ini merupakan hasil temuan dari Panwascam Cigudeg dan akan ditindaklanjuti dengan tahap klarifikasi,” kata Juhdi, dikutip pada Jumat (29/12).

Dugaan pelanggaran pemilu yang melibatkan Elly Rachmat Yasin bermula dari acara sosialisasi pada Senin (11/12).

Sehubungan dengan kejadian tersebut, Bawaslu Kabupaten Bogor mulai memeriksa pihak-pihak yang diduga terlibat dalam kasus ini.

“Kemarin kami telah meminta keterangan dari tiga saksi, dua di antaranya adalah Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dan satu adalah kepala desa,” ujarnya.

Meskipun demikian, Juhdi mengakui bahwa mereka belum dapat mengungkapkan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

Perlu diketahui, Elly Rachmat Yasin yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PPP Kabupaten Bogor telah mengadakan sosialisasi dan silaturahmi di empat desa dan kecamatan, yaitu Kecamatan Jasinga, Cigudeg, Nanggung, dan Lewisadeng Kabupaten Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jabar di Google News

MEMBACA  Presiden Menetapkan Hari Pemilihan sebagai Hari Libur Nasional