BNPT sebagai sektor utama dalam menanggulangi terorisme di 10th WWF

In Indonesian: BNPT sebagai sektor terdepan dalam menanggulangi terorisme di WWF ke-10

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Bangbang Surono, menegaskan bahwa BNPT merupakan sektor terdepan dalam menanggulangi terorisme untuk mensukseskan Forum Air Dunia ke-10 (WWF) di Bali.

Surono menekankan bahwa peran BNPT dalam mengamankan berbagai agenda nasional dan internasional tidak bisa diabaikan.

\”BNPT, sebagai sektor terdepan dalam menanggulangi teror, bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan dan melaksanakan upaya pencegahan terhadap potensi tindakan radikal terorisme yang dapat merusak citra Indonesia di mata dunia,\” ujar Surono dalam sebuah pernyataan dari kantornya pada hari Senin.

Beliau menyatakan bahwa BNPT akan melaksanakan beberapa kegiatan dalam acara tersebut, termasuk pra-audit standar minimum dan mengevaluasi penilaian sistem keamanan lingkungan dan objek vital nasional (obvitnas) serta melakukan koordinasi intelijen, baik di tingkat regional maupun pusat.

Beliau juga memuji pemerintah dan masyarakat atas keterlibatan BNPT dalam komite nasional untuk menyelenggarakan WWF ke-10 sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia.

\”Kami berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat atas kesempatan dan kepercayaan ini,\” ujarnya.

BNPT, sebagai anggota sektor keamanan dan kesehatan untuk WWF ke-10, mengadakan pertemuan koordinasi dengan komite di Bali pada tanggal 20 April. Dalam pertemuan tersebut, BNPT diwakili oleh Deputi Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjen Roedy Widodo.

WWF diselenggarakan setiap tiga tahun antara Dewan Air Dunia dan negara tuan rumah. Forum tersebut menjadi tempat bagi komunitas air dan pengambil keputusan kunci untuk berkolaborasi dan membuat kemajuan jangka panjang dalam mengatasi tantangan air global.

Kegiatan semacam itu membawa peserta dari berbagai tingkatan dan sektor, termasuk politik, lembaga multilateral, akademisi, masyarakat sipil, dan sektor swasta. Selama bertahun-tahun, jumlah peserta WWF meningkat, dari beberapa ratus menjadi puluhan ribu, baik dari komunitas internasional maupun negara tuan rumah.

MEMBACA  Zuckerberg Baru Saja Mengalami Hari Paling Memalukan dalam Hidupnya, Namun Rambutnya Terlihat Bagus

WWF ke-10 dijadwalkan berlangsung di Bali pada tanggal 18-25 Mei 2024.

WWF ke-10, bertema \”Air untuk Kemakmuran Bersama,\” akan menampilkan diskusi tentang tiga proses, yaitu tematik, politik, dan regional.

Berita terkait: Kepala BNPT dorong pejabat untuk memperketat langkah anti-terorisme menjelang Idul Fitri

Berita terkait: BNPT soroti dua cara untuk mencegah serangan Moskow di Indonesia

Berita terkait: 7 program BNPT berupaya menekan terorisme

Penerjemah: Agatha Olivia, Resinta Sulistiyandari
Editor: Azis Kurmala
Hak cipta © ANTARA 2024