Bappenas dan Pertamina Menjalin Kerja Sama dalam Kebijakan Energi Berkelanjutan

PT Pertamina (Persero) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah melakukan penandatanganan kerja sama untuk pengembangan kebijakan energi berkelanjutan. Penandatanganan tersebut dilakukan di Gedung Bappenas, Jakarta pada Senin (10/6/2024).

Acara penandatanganan tersebut dihadiri oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan bahwa kerja sama ini menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia melalui Kementerian PPN/Bappenas dan Pertamina dalam menghadapi krisis iklim global.

Ia menekankan pentingnya sinergi dalam mempercepat pemanfaatan transisi energi dan menjaga ketahanan energi nasional guna mencapai target Indonesia Emas 2045.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyatakan bahwa kerja sama strategis ini menunjukkan keseriusan Pertamina dalam mencapai kemandirian energi nasional, termasuk pemanfaatan energi rendah karbon sekaligus menyelaraskan dengan langkah Pemerintah.

Sinergi antara Bappenas dan Pertamina mencakup kajian bersama dan pengembangan roadmap kebijakan energi atas ketahanan energi nasional, hilirisasi minyak dan gas bumi, serta pemanfaatan energi transisi.

Langkah-langkah tersebut juga melibatkan pelaksanaan kegiatan ESG (Environment, Social, Governance) dan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), diseminasi kebijakan, dan pertukaran informasi terkait sektor energi untuk mendukung transformasi Indonesia.

MEMBACA  Amazon Prime Video sekarang mengenakan biaya tambahan untuk Dolby Vision dan Atmos.