6 Bagian Kerangka Kerja BTN Dalam Meningkatkan Proses Bisnis Dengan Prinsip ESG

Selasa, 11 Juni 2024 – 00:17 WIB

Jakarta – PT Bank Tabungan Negara Tbk menegaskan komitmennya untuk menerapkan prinsip Environment, Social, and Governance (ESG) dan mengurangi emisi karbon dalam proses bisnis. Ada 6 komponen kerangka kerja terkait hal itu yang menjadi roadmap BTN.

Baca Juga :

Ada Fuad Bawazier hingga Grace Natalie, MIND ID Angkat 3 Komisaris Baru

Corporate Secretary BTN Ramon Armando mengatakan, 6 komponen framework BTN dalam mengimplementasikan ESG, yakni sustainable Finance, climate change & ecosystems, people & community, ESG in the value chain, stakeholder inclusiveness, dan Integrated GRC.

\”Kami sudah memiliki roadmap jangka panjang dalam implementasi ESG. Kami juga sudah menjalankan beberapa inisiatif strategi ESG berdasarkan 6 komponen framework bertajuk Become The ESG Champion. Hasilnya, kami telah mencatatkan perhitungan emisi scope 1 sebesar 7.282 ton CO2eq dan scope 2 sebesar 8.964 ton CO2eq dan scope 3 (termasuk financed emission) sebesar 812.347 ton CO2eq\” ujar Ramon di Jakarta, dikutip selasa, 11 Juni 2024.

Baca Juga :

Cara Bridgestone Indonesia untuk Dukung Netralitas Karbon

Corporate Secretary Ramon Armando.

Ramon melanjutkan terdapat berbagai langkah BTN dalam mengimplementasikan 6 komponen framework tersebut. Pertama, dari segi lingkungan, BTN berupaya mengurangi emisi karbon lewat menjalankan transisi energi bersih dan clean banking operation (paperless dan efisiensi energi).

Baca Juga :

Komisi VI DPR Minta Erick Thohir Perketat Pengawasan di BUMN

Kemudian, dari sisi sosial, BTN meningkatkan porsi talenta wanita dan pegawai disabilitas. Lalu, dari sisi governance sustainability, BTN telah membentuk ESG Commitee, Enterprise & ESG Risk Management Division, serta menerapkan kebijakan Cybersecurity, Data Privacy & anti-fraud, anti-corruption dan Whistle Blowing System (WBS).

Environmental, Social, and Governance (ESG).

\”Ke depannya, BTN akan terus mengharmonisasikan prinsip ESG dengan kebijakan internal,” ujar Ramon.

MEMBACA  Apakah Nyamuk Demam Berdarah Lebih Memilih Menggigit Orang yang Tidur di Pagi Hari?

Atas komitmen tersebut, BTN pun meraih penghargaan Transparansi Penurunan Emisi Korporasi Terbaik 2024 dalam kelas Green Elite serta Platinum Plus dari Bumi Global Karbon (BGK) Foundation.

Adapun, penghargaan tersebut merupakan apresiasi kepada perusahaan yang berhasil menekan emisi karbon dalam proses bisnisnya, serta mempublikasikan laporan keberlanjutan perusahaan yang mengacu kepada GHG Protocol. GHG protocol sendiri merupakan salah satu standar global yang digunakan banyak lembaga di berbagai negara untuk mengevaluasi kemajuan penerapan program penurunan emisi korporasi.

Halaman Selanjutnya

\”Ke depannya, BTN akan terus mengharmonisasikan prinsip ESG dengan kebijakan internal,” ujar Ramon.