Ulasan Xpeng G6 2024 EV: Nilai Bagus, Namun Kurang Menginspirasi

Xpeng bangga dengan teknologi mobilnya. G6 memiliki 29 sensor termasuk lima radar gelombang milimeter, 12 radar gelombang ultrasonik, dan 12 kamera dan berjalan pada prosesor Nvidia Orin-X dengan chip kokpit Qualcomm Snapdragon 8155P.

Semuanya digunakan untuk menjalankan sistem hiburan dalam rumah (Apple CarPlay nirkabel dan Android Auto akan datang melalui pembaruan perangkat lunak tahun ini, sepertinya) dan sistem keamanan XPilot perusahaan. Ini mencakup semua teknologi keamanan otonom yang biasa, seperti pengereman darurat, peringatan titik buta, dan pengenalan lampu lalu lintas, serta asisten menjaga jalur dan kontrol kecepatan aktif G6. Seperti banyak mobil modern, G6 terkadang salah membaca tanda jalan dan dengan salah memperingatkan pengemudinya tentang melebihi batas kecepatan.

Tidak ada setara Eropa untuk Full Self-Driving (Supervised) dari Tesla. Jadi sementara G6 dapat dibeli dengan lidar dan berkendara semiotonom yang lebih canggih di Cina, itu tidak ada dalam penawaran UE-nya.

Saat ini, sistem berfungsi dengan cukup baik, tetapi tidak paling intuitif – mobil uji kami tidak membuat suara apa pun untuk menunjukkan kapan sistem diaktifkan atau dinonaktifkan, dan tidak ada tombol setir yang digunakan untuk mengatur kecepatan dan jarak yang diberi label. Akibatnya, Anda akan keliru mengira kontrol volume untuk penyetel kecepatan pada perjalanan pertama Anda.

Terakhir, asisten suara merespons dengan cepat dengan “Hei Xpeng,” tetapi sampai pemahamannya tentang bahasa Inggris diperbaiki, ia menawarkan fungsionalitas yang lebih sedikit daripada di Cina. Kami meminta perkiraan cuaca, tetapi ia menjawab dengan jangkauan mobil. Lebih baik adalah bagaimana ia memahami penumpang yang menyatakan “Aku kedinginan” dan menaikkan suhu hanya di sisi itu saja.

Keluar di Udara

MEMBACA  Cincin Evie dirancang dengan cerdas tetapi memiliki beberapa keanehan generasi pertama

Haruskah Anda membeli Xpeng G6? Tarif impor besar-besaran berarti mobil-mobil Cina tetap di luar menu di AS, tetapi jika Anda berada di Eropa, harga kompetitif G6 bisa menarik (tapi mungkin tidak untuk waktu yang lama). Ini sejajar dengan Tesla Model Y dalam banyak aspek kunci, dan bahkan melampaui saingan Amerika itu ketika datang ke harga, penambahan CarPlay dan Android Auto yang akan datang, dan kualitas berkendara.

Tetapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan agar G6 benar-benar mengesankan. Mengecewakan bahwa kami tidak bisa mencoba pembaruan UI utama, yang disebut versi 15, yang akan diluncurkan pada bulan Juli. Tapi setidaknya itu menunjukkan Xpeng ingin cepat berevolusi, meski itu berarti menukar seluruh sistem pemetaan untuk alternatif dan mengulang tata letak antarmuka pengguna untuk menyesuaikan penempelan ponsel pintar. Kami memberikan tepuk tangan untuk itu, dan menantikan melihat upgrade teknologi lain yang direncanakan.

Dengan semua yang dikatakan, G6 meninggalkan kami kedinginan. Ini membawa banyak peralatan dengan harga, dan kunjungan ke showroom Belanda yang luas Xpeng menunjukkan bahwa mereka serius, secara harfiah memarkirkan diri di antara Kia dan Nio. Mereka juga memiliki peta jalan untuk ekspansi infrastruktur, bermitra dengan kelompok pusat layanan yang ada untuk memberi pembeli rasa tentram. Tapi tidak banyak di sini yang benar-benar membedakan G6 dari pesaing berkualitas tinggi seperti Kia EV6, Hyundai Ioniq 5, Škoda Enyaq, Ford Mustang Mach-E, dan tentu saja, Tesla Model Y.

Perusahaan baru perlu menawarkan sesuatu yang baru. Jaringan Supercharger Tesla menarik pelanggan selama tahun-tahun awalnya; Nio menawarkan pertukaran baterai; BYD sudah memiliki skala besar di pihaknya sebelum memasuki Eropa.

MEMBACA  MacDonald Mines Menarik Kembali Pengumuman Sebelumnya Hasil Proyek Emas Scadding Menunggu Ulasan Lebih Lanjut Oleh Investing.com

Untuk saat ini, Xpeng terasa seperti pesaing yang kalah. G6 adalah EV yang sejalan dengan kebanyakan EV yang akan menarik pengemudi yang menginginkan kombinasi ukuran, jarak tempuh, harga, dan pengisian cepat yang tepat. Jika itu kamu, baiklah, tapi untuk saat ini G6 tidak banyak membuat WIRED benar-benar terkesan.