The Phantom Menace Merayakan 25 Tahun dengan Kembali ke Bioskop

Para penggemar Star Wars menjadi heboh pada awal minggu ini ketika majalah Empire menggoda sesuatu. Alih-alih melihat masa depan waralaba ini—seperti The Acolyte, Andor, atau Bad Batch—semuanya tentang masa lalu. Berkat Empire, kita kembali ke Era Praquel, babyyyyyyyy!

What Drew Gillian Jacobs to Invincible? | Wawancara io9

Sebagai bagian dari cerita sampul yang lebih besar untuk seri kedua film Star Wars, Empire mengungkapkan bahwa Episode I: The Phantom Menace akan kembali ke bioskop dalam waktu terbatas, dimulai pada 3 Mei. Film Star Wars pertama secara kronologis ini genap berusia 25 tahun tahun ini, dan seperti Return of the Jedi tahun lalu, Disney menandai peristiwa ini dengan memutar ulang di layar besar. Seperti halnya ulang tahun ke-40 Return of the Jedi dan Empire Strikes Back, terdapat poster baru dari seniman Matt Ferguson, yang dapat Anda lihat di bawah ini. Saat ini, Disney belum menjual poster tersebut.

Gambar: Matt Ferguson/Lucasfilm

The Phantom Menace awalnya dirilis pada 16 Mei 1999. Saat itu, keunggulannya adalah sebagai film baru pertama sejak Return of the Jedi pada tahun 1983. Saat itu, seri ini tetap hidup melalui komik, novel Expanded Universe, dan permainan video, yang membuat prospek kembali ke asal usul Darth Vader menjadi menarik. Dan hasil akhirnya…tidak seperti yang diinginkan oleh para penggemar lama. Meskipun ada hal-hal yang bisa dihargai seperti efek visual, musik karya John Williams, dan pertarungan antara Qui-Gon, Obi-Wan, dan Darth Maul, hal lainnya tidak begitu memuaskan. Tetapi film ini mendapatkan banyak uang—awalnya $924,3 juta, kemudian ditambah $102,7 juta dengan edisi 3D pada tahun 2012, sehingga total mencapai $1,027 miliar.

MEMBACA  Laporan: Ancaman Keamanan Nasional Misterius yang Diperbesar Oleh Partai Republik Kemungkinan Nuklir di Luar Angkasa

Pada tahun 2019, kami bertanya kepada penggemar di Star Wars Celebration tentang pendapat mereka mengenai Phantom Menace, dan banyak yang menghargai apa yang ingin dicapai oleh film ini. Praquel secara bertahap mendapatkan kembali perhatian dalam dekade terakhir ini, jadi bagi mereka yang tidak pernah menonton film ini dalam waktu yang sangat lama, pemutaran ulang ini adalah kesempatan bagus untuk menyaksikannya. Toh, tidak mungkin lebih buruk setelah sekian lama.


Ingin mendapatkan berita io9 lebih banyak? Lihat kapan Marvel, Star Wars, dan Star Trek merilis yang terbaru, apa yang akan terjadi selanjutnya dengan DC Universe di film dan TV, dan segala yang perlu Anda ketahui tentang Avatar: The Way of Water karya James Cameron.