Saat Menggunakan Google Maps, Geospatial AR Memungkinkan Anda Melihat Kota Seperti Belum Pernah Sebelumnya

Google

Konten AR bukan hal baru bagi Google Maps, tapi perusahaan mengakui bahwa sulit bagi pembuat dan pengembang untuk menempatkan konten AR mereka di depan audiens yang tepat. Itulah mengapa Google memperkenalkan fitur AR baru untuk Maps yang memungkinkan orang melihat kota seperti belum pernah sebelumnya, dan juga memperbarui Geospatial Creator-nya untuk memudahkan pembuatan konten AR.

Juga: 9 pengumuman terbesar di Google I/O 2024: Gemini, Pencarian, Project Astra, dan lainnya

Untuk menampilkan bagaimana konten AR di Maps bisa berfungsi, mitra Google menghabiskan waktu di Paris dan Singapura menciptakan konten imersif yang ditampilkan di atas dunia nyata. Di Paris, pengguna dapat melihat pemandangan Pameran Dunia 1900 di sepanjang Sungai Seine dan melihat apa yang berubah dan apa yang tetap sama. 

Di Singapura, Google bekerja sama dengan dewan pariwisata negara itu untuk menampilkan landmark utama seperti Chinatown dan Taman oleh Teluk. \”Baik Anda ingin menonton tarian naga seremonial atau melihat hidangan lokal yang bisa Anda coba di Maxwell Food Centre,\” kata Google, \”ada beragam pengalaman AR yang bisa ditemukan dan dinikmati siapa pun yang mengunjungi Singapura atau di seluruh dunia melalui Google Maps.\”

Konten Geospatial tersedia dari ponsel Anda menggunakan Street View atau Lens di Maps, kata Google, artinya Anda dapat memanfaatkannya jika Anda berada di lokasi secara langsung atau jika Anda sedang menjelajah secara remote.

Saat Anda menggunakan fitur itu, Anda akan melihat konten digital yang tumpang tindih dengan dunia fisik. Jika Anda menjelajah secara remote di Street View, jika Anda mencari lokasi atau titik tertentu, Anda akan melihat tombol \”Pengalaman AR\” untuk situs yang memiliki konten. Jika Anda berada di lokasi, Anda akan mengetuk tombol Lens dan mengangkat ponsel Anda untuk melihat apa yang tersedia. 

MEMBACA  Generator gambar AI terbaik tahun 2024: Diuji dan ditinjau

Google juga sedang menggulirkan pembaruan ke perangkat Geospatial Creator-nya yang diharapkan akan memudahkan pembuat untuk menghasilkan lebih banyak konten geospatial AR. 

Juga: Google Maps sedang menguji fitur yang menunjukkan di mana masuk ke dalam sebuah bangunan

Pertama, Geospatial Creator Adobe Aero, sebuah lingkungan yang membantu pengguna mempratinjau aset 3D terhadap representasi 3D yang fotorealistik dari dunia, kini terbuka untuk semua orang, tanpa daftar tunggu yang diperlukan. 

Kedua, Google telah memperbarui Geospatial Creator-nya untuk memungkinkan pengembang konten membuat dan menyesuaikan anchor secara massal melalui C#, memungkinkan mereka dengan mudah memperluas kreasi imersif ke lokasi lain. Pembuat bahkan dapat menempatkan anchor yang sama di beberapa lokasi sekaligus.

Terakhir, Google sedang memperluas cakupan API Geospatial ARCore untuk termasuk India, \”rumah bagi beberapa pembuat yang paling inovatif dan penonton yang terlibat.\” Google menambahkan bahwa program ini akan diperluas ke Android terlebih dahulu.