Pemecatan Massal Mengaburkan Kehebatan Game-games Menarik di Tahun 2023

PHK adalah kenyataan yang menyedihkan dalam setiap industri, tetapi dalam skala tahun 2023, PHK di industri permainan video jauh melampaui tahun-tahun sebelumnya. Lebih dari berita atau permainan video tertentu, PHK mendefinisikan 12 bulan terakhir. Perusahaan besar maupun kecil merasakan dampaknya. Angka tidak resmi memperkirakan 9.000 pekerja terkena dampaknya, dan di balik semuanya adalah korporasi yang mengutamakan pertumbuhan dengan segala biaya, termasuk manusia.

Pada bulan September, Epic Games PHK 830 karyawan. Dalam pernyataannya, CEO Tim Sweeney menulis, “Kami telah menghabiskan lebih banyak uang daripada yang kami hasilkan. […] Saya telah lama optimis bahwa kami dapat melalui transisi ini tanpa PHK, tetapi dengan kembali memikirkannya, saya melihat bahwa hal ini tidak realistis.” Sebagian pengeluaran itu digunakan untuk mengakuisisi perusahaan seperti SuperAwesome dan Bandcamp, yang dibeli oleh Epic pada tahun 2021 dan 2022. Kedua perusahaan tersebut dijual setelah Epic mengumumkan PHK.

Epic menciptakan Fortnite, yang menghasilkan pendapatan miliaran dolar; perusahaan ini melisensikan perangkat lunak Unreal Engine yang digunakan oleh banyak pengembang untuk membuat permainan, termasuk Final Fantasy VII Remake, Lies of P, dan Star Wars Jedi: Survivor; serta memiliki toko permainan sendiri (yang tidak menguntungkan). Namun, Epic masih mengeluarkan uang tersebut sehingga, untuk menjaga tingkat profitabilitas yang dapat diterima oleh investor, perusahaan harus mem-PHK 830 orang.

Selama dua tahun terakhir, Embracer Group sering muncul dalam berita karena perusahaan ini melakukan banyak akuisisi studio permainan, perusahaan media, dan hak kekayaan intelektual The Lord of the Rings. Tahun ini, perusahaan ini tiba-tiba melakukan restrukturisasi massal karena kesepakatan investasi senilai 2 miliar dolar yang gagal. Axios melaporkan bahwa kesepakatan tersebut melibatkan Savvy Games Group, divisi permainan dari Public Investment Fund pemerintah Arab Saudi. Akibat dari strategi investasi yang gagal ini, Embracer telah menutup tiga studio, mencari pembeli untuk yang lain, membatalkan banyak proyek, dan melakukan PHK terhadap lebih dari 900 karyawan.

MEMBACA  Dimon mengatakan JPMorgan menambahkan miliaran dolar setiap tahun ke Florida

Ini hanyalah beberapa contoh terbesar dan paling buruk. Hasbro melakukan PHK terhadap 1.000 karyawan, termasuk sebagian besar tim yang bekerja pada Baldur’s Gate 3 dengan Larian Studios. EA melakukan PHK terhadap 6% dari total karyawan atau sekitar 780 orang. BioWare, Microsoft, Bungie, Naughty Dog, Ubisoft, Amazon, CD Projekt Red, Sega, Unity, dan Activision Blizzard semuanya terkena dampak, hanya beberapa di antaranya. Dan di tengah PHK yang menghancurkan ini, dampaknya yang belum kita lihat, salah satu acara terbesar dan paling ditonton di industri ini bahkan tidak mengakui kenyataan ini.

Hal ini tidak harus seperti ini. Pada tahun 2013, para eksekutif Nintendo terkenal melakukan pemotongan gaji setelah penjualan buruk Wii U untuk mencegah PHK terhadap para pengembang. “Jika kami mengurangi jumlah karyawan untuk hasil keuangan jangka pendek yang lebih baik, semangat karyawan akan menurun,” kata Presiden Nintendo saat itu, Satoru Iwata, dalam sesi tanya jawab hubungan investor. “Saya sangat meragukan bahwa karyawan yang takut akan PHK akan mampu mengembangkan permainan yang bisa mengesankan orang di seluruh dunia.” Ini bukan satu-satunya kali. Dua tahun sebelumnya, pada tahun 2011, Iwata dan dewan direksi Nintendo melakukan pemotongan gaji setelah penjualan lesu 3DS mendorong Nintendo untuk menurunkan harga handheld tersebut.

Nintendo, pengembang beberapa permainan video berkualitas tinggi sepanjang masa, mengatakan di sini, dalam jangka panjang, jauh lebih penting untuk mementingkan orang daripada keuntungan karena orang-orang tersebut akan lebih termotivasi untuk membuat permainan yang bagus. Hingga September, Tears of the Kingdom telah terjual sebanyak 19 juta kopi, lebih dari setengah dari apa yang Breath of the Wild capai dalam enam tahun sejak diluncurkan. Kesuksesan tersebut, yang membuat pengembang permainan, jurnalis, dan pemain terpesona dengan fisika jembatan permainan itu, sebagian karena tim pengembang antara kedua permainan tersebut tetap sama. Retensi adalah cara terbaik untuk menjaga pengetahuan institusional agar tetap ada dan berlanjut. Ini adalah cara terbaik bagi para pengembang untuk naik jabatan, memberikan ruang bagi orang baru untuk memasuki industri ini.

MEMBACA  Oven Pizza Terbaik untuk Tahun 2024, Semua Diuji oleh Kami

Perserikatan juga dapat melindungi para pengembang dalam hal PHK. Upaya untuk membentuk serikat pekerja di studio permainan terus berlanjut pada tahun 2023, dengan beberapa pengembang di Sega, CD Projekt Red, Avalanche Studios, dan ZeniMax memilih untuk membentuk serikat pekerja tahun ini.

Ini bukan berarti bahwa PHK tidak boleh pernah terjadi. Tetapi skala yang kita lihat pada tahun 2023 tentu tidak seharusnya terjadi. Kita tidak tahu langkah apa yang diambil oleh eksekutif perusahaan-perusahaan ini, yang mendapatkan jutaan dolar dalam paket kompensasi, untuk menghindari atau meminimalkan kebutuhan PHK. Tindakan mitigasi seperti pemotongan gaji dan pembatalan bonus harus diutamakan sebelum orang-orang di-PHK.

Refrein tahun 2023 dalam industri permainan adalah “tahun yang hebat untuk permainan, mengerikan untuk para pengembang permainan.” Saya berpendapat bahwa kita seharusnya sepenuhnya menghilangkan bagian pertama pernyataan itu. Tahun yang buruk bagi para pengembang permainan tidak bisa menjadi tahun yang hebat untuk permainan.