Obsesi AI Microsoft mengancam ambisi iklimnya

Microsoft sedang menghasilkan polusi pemanasan planet yang lebih banyak sekarang daripada ketika membuat janji iklim yang berani kembali tahun 2020. Emisi gas rumah kaca-nya sebenarnya sekitar 30 persen lebih tinggi pada tahun fiskal 2023, menunjukkan betapa sulitnya bagi perusahaan tersebut untuk mencapai tujuan iklim sambil bersaing untuk menjadi pemimpin dalam AI.

“Di banyak hal bulan sekarang lima kali lebih jauh daripada tahun 2020”

Kembali tahun 2020, Microsoft menetapkan target menjadi karbon negatif pada akhir dekade. Untuk menerjemahkan istilah teknis, perusahaan berjanji untuk mengurangi emisi gas rumah kaca lebih dari separuh dan kemudian menangkap jumlah karbon dioksida yang lebih besar daripada yang dihasilkannya. Itu adalah komitmen yang berani untuk dibuat pada saat itu, mengingat teknologi penangkapan karbon baru saja mulai ada. Perusahaan juga harus mendorong peningkatan penggunaan energi terbarukan di jaringan listrik di mana mereka beroperasi.

“Pada 2020, kami mengumumkan apa yang kami sebut sebagai misi karbon bulan kami. Itu sebelum ledakan dalam kecerdasan buatan,” kata presiden Microsoft Brad Smith dalam wawancara dengan Bloomberg. “Jadi, dalam banyak hal bulan sekarang lima kali lebih jauh daripada tahun 2020, jika Anda hanya memikirkan perkiraan kami sendiri untuk ekspansi AI dan kebutuhan listriknya.”

Membongkar data dalam laporan keberlanjutan Microsoft, Anda bisa melihat sejauh mana perusahaan itu pergi ke arah yang salah. Mereka mengeluarkan 15.357 juta ton metrik karbon dioksida selama tahun fiskal terakhir, sebanding dengan polusi karbon tahunan Haiti atau Brunei.

Pusat data yang digunakan untuk melatih AI bahkan lebih energi-intensif daripada pusat data tradisional yang sudah menghabiskan banyak listrik untuk menjalankan server dan sistem pendingin untuk mencegah kelebihan panas. Dan Microsoft memiliki rencana untuk membangun banyak pusat data tersebut sekarang bahwa mereka sepenuhnya fokus pada AI. Perusahaan berencana menghabiskan $50 miliar selama tahun fiskal terakhir untuk memenuhi ambisi AI-nya – angka yang diperkirakan akan terlampaui di tahun berikutnya, laporan Bloomberg.

MEMBACA  Layanan Cloud Gaming Terbaik, Diberi Peringkat