NASA memilih tiga perusahaan untuk mengembangkan mobil Bulan bagi astronot Artemis

Trio tersebut akan mengembangkan ide tim mereka untuk Kendaraan Medan Bulan (LTV) guna membantu astronot menjelajahi wilayah kutub selatan Bulan. Dipercayai wilayah tersebut mengandung air beku, sehingga masuk akal bagi NASA untuk mendirikan kamp dasar disana.

Ketiga anggota harus merancang kendaraan yang dapat menampung dua astronot berpakaian pelindung dan mampu mengatasi kondisi ekstrim di wilayah tersebut. Mereka juga harus dilengkapi dengan kemampuan operasi robotik jarak jauh sehingga NASA dapat terus melakukan uji coba dan eksplorasi bahkan ketika astronot tidak berada di Bulan.

Langkah selanjutnya bagi mereka adalah melakukan “pesanan tugas kelayakan, yang akan menjadi studi khusus selama setahun untuk mengembangkan sistem yang memenuhi persyaratan NASA melalui tahap proyek desain awal.” Kemudian, NASA akan meminta proposal untuk misi demonstrasi guna melanjutkan pengembangan, mengirimkan LTV mereka ke permukaan Bulan, kemudian memvalidasi kinerja dan keamanan sebelum misi Artemis V.

“Kami akan menggunakan LTV untuk melakukan perjalanan ke lokasi yang mungkin tidak dapat kita capai dengan berjalan kaki, meningkatkan kemampuan kita untuk menjelajahi dan membuat penemuan ilmiah baru,” kata Jacob Bleacher, ilmuwan eksplorasi utama di Direktorat Misi Pengembangan Sistem Eksplorasi di Markas Besar NASA di Washington. “Dengan misi berawak Artemis, dan selama operasi jarak jauh ketika tidak ada awak di permukaan, kita memungkinkan ilmu pengetahuan dan penemuan di Bulan sepanjang tahun.”

Intuitive Machines baru-baru ini membuat berita setelah menjadi perusahaan dirgantara swasta pertama yang mendaratkan wahana antariksa di Bulan. Ini juga merupakan pendarat Bulan pertama dari AS yang mencapai permukaan Bulan dalam lebih dari 50 tahun, meskipun mendarat dengan posisi terlentang.

Program Artemis NASA bertujuan untuk menciptakan kehadiran yang berkelanjutan di dekat Bulan sebelum mencapai tujuan yang lebih besar untuk suatu hari mempersiapkan misi manusia ke Mars. Inisiatif ini diluncurkan setelah mantan Wakil Presiden Mike Pence menantang NASA untuk menempatkan orang di Bulan pada tahun 2024. Sejak itu, misi Artemis II telah ditunda hingga September 2025, dengan misi mendarat, Artemis III, sekarang direncanakan pada September 2026.

MEMBACA  Lihatlah Stasiun Energi Kecil yang Menggemaskan yang Saya Lihat di CES