Microsoft tidak akan membawa sudo ke Windows Server 2025 setelah semua.

Max Buondonno/ZDNET

Update: Ternyata, Microsoft tidak berencana untuk membawa kekuatan sudo ke Windows Server 2025 dan, sebaliknya, berencana untuk menambahkannya ke rilis konsumen Windows 11 yang akan datang.

Menurut Microsoft Devblog untuk tanggal 7 Februari 2024, sudo telah hadir di Canary dan Dev Channel untuk Windows 11 (untuk Insider Program), dengan nomor build 26020. Dan, menurut Windows Insider Blog, pengaturan sudo yang ditemukan di Windows Server 2025 adalah kecelakaan yang tentang itu seorang perwakilan Microsoft berkata:

Catatan: Pengaturan yang mengaktifkan sudo mungkin muncul secara tidak benar di build Windows Server Insider Preview, tetapi fitur tersebut tidak akan diaktifkan di Windows Server dan pengaturan tersebut akan dinonaktifkan di build Server Insider Preview mendatang.

Informasi di bawah ini akan berlaku untuk versi konsumen dari desktop Windows 11 tetapi bukan untuk versi server dari sistem operasi.

Microsoft sedang mengambil langkah-langkah untuk tidak hanya membuat versi berikutnya dari Windows 11 lebih aman tetapi juga lebih mudah dikelola. Untuk melakukannya, mereka menambahkan sudo ke dalam campuran.

Anda sudah dapat menguji build Windows 11 2025, tetapi untuk melakukannya Anda harus memiliki Insider Preview Build dan beralih ke Dev Channel, yang akan memberi Anda build 26052.1100 (berbeda dengan Canary Channel, yang memiliki build 26052.1000). Dev Channel memungkinkan Anda mengaktifkan sudo melalui sakelar on/off di aplikasi Pengaturan (yang hanya tersedia setelah mengaktifkan mode pengembang).

Jika Anda berpikir bahwa Windows sudah memungkinkan elevasi hak dengan prompt UAC, Anda salah. Namun, ada beberapa perintah dan alat yang masih membutuhkan hak administrator untuk menggunakannya. Penambahan sudo akan mengatasi hal tersebut. Belum ada indikasi apakah Windows akan memungkinkan administrator mengonfigurasi sudo secara serupa dengan cara yang dapat dikonfigurasi di Linux; harapannya, Microsoft akan membuatnya menjadi bagian dari sistem.

MEMBACA  Gaza: Bayi diselamatkan hidup-hidup dari reruntuhan setelah serangan udara Israel di Rafah

Penambahan sudo telah dirilis secara resmi untuk build Insider terbaru Windows 11 dan — semoga — akan tetap menjadi bagian dari sistem operasi dalam iterasi mendatang. Bahkan, menurut Windows Latest, tampaknya fitur tersebut akan hadir di Windows 11. Selain itu, tampaknya akan ada beberapa opsi konfigurasi yang tersedia untuk bagaimana perintah dijalankan menggunakan sudo. Anda akan dapat memilih antara Dalam Jendela Baru, Dengan Input Dinonaktifkan, dan Inline. Saat ini, belum sepenuhnya jelas bagaimana opsi-opsi tersebut akan berfungsi.

Apa itu sudo?

Siapa pun yang pernah menggunakan Linux pasti tahu tentang sudo. Bagi yang belum tahu, sudo merupakan kependekan dari superuser do dan memungkinkan pengguna standar untuk menjalankan perintah yang seharusnya memerlukan hak administrator. Sebelum adanya sudo, pengguna harus masuk sebagai pengguna root atau menggunakan perintah su untuk masuk ke akun pengguna root.

Sudo menambahkan lapisan keamanan pada Linux yang belum bisa disaingi oleh Windows selama ini. Ia memungkinkan administrator untuk menentukan pengguna mana yang dapat mengakses hak administrator dan bahkan mengontrol aplikasi mana yang berlaku untuk hak-hak tersebut. Misalnya, Anda dapat membatasi pengguna untuk perintah tertentu (seperti apt) dengan baris seperti:

%sudo ALL=(ALL:ALL) /bin/apt

Baris tersebut akan ditambahkan menggunakan perintah sudo visudo. Meskipun rumit, namun sangat memungkinkan untuk dilakukan.

Ini adalah langkah bagus bagi Microsoft untuk memungkinkan administrasi yang lebih mudah dari sistem operasinya. Harapannya, ini akan memungkinkan administrator Windows untuk mendapatkan tingkat granular yang sama dengan administrator Linux menggunakan sudo.