Klasik Giallo The Psychic Mungkin Sedikit Kekurangan Adegan Kekerasan, Tetapi Penuh dengan Sensasi.

Maestro horor Italia, Lucio Fulci, dikenal terutama karena trilogi Gates of Hell yang mengerikan—terutama The Beyond—dan Zombi 2 yang abadi, tetapi karirnya juga mencakup film-film giallo yang luar biasa tidak biasa, termasuk Don’t Torture a Duckling dan The New York Ripper. The Psychic, yang akan segera tayang di Shudder, memiliki sedikit elemen yang mencolok dari Fulci yang menjadi ciri khasnya, tetapi ini adalah thriller yang berjalan dengan rapat dengan cukup keanehan untuk mengingatkan Anda siapa yang memegang kendali.

Seperti kebanyakan film horor dan giallo Eropa pada era itu, The Psychic tahun 1977 juga dikenal dengan beberapa judul lain, termasuk Seven Notes in Black, Death Tolls Seven Times, dan yang paling kacau, Murder to the Tune of the Seven Black Notes. The Psychic mungkin yang paling generik, tetapi tentu saja akurat, meskipun sebagian besar karakter lainnya menganggap klaim klarivoyansinya sebagai lelucon. Tapi Virginia (Jennifer O’Neill dari Scanners) adalah yang asli; dalam adegan pembukaan film ini, ada kilas balik di mana Virginia muda “menyaksikan” bunuh diri ibunya (loncatan dari tebing yang melibatkan manekin yang sangat jelas) meskipun berjarak ratusan mil.

Film ini melanjutkan ceritanya 18 tahun kemudian, ketika Virginia—sekarang seorang dekorator interior yang glamor yang baru saja menikah dengan kaya raya Francesco (Gianni Garko)—memutuskan untuk mampir ke rumah pedesaan suaminya yang sudah lama kosong untuk pertama kalinya, dengan harapan bisa menjadi proyek renovasi yang ideal. Begitu dia berada di dalam, dia langsung merasa tidak nyaman: dia telah melihat tempat ini dalam visi yang mengganggu baru-baru ini yang tampaknya melibatkan pembunuhan seorang wanita. Dia tidak bisa melawan keinginan untuk mengayunkan kapak ke dinding, menargetkan satu tempat tertentu—hampir seketika dia menemukan sebuah tengkorak yang tersembunyi di dalamnya, dengan ketakutan yang luar biasa.

MEMBACA  Dapatkan diskon penerbangan dan hotel dengan penawaran langganan OneAir Elite

Anda akan mengharapkan ini menjadi bukti pasti kemampuan ESP-nya, tetapi polisi setempat tetap skeptis tentang kemampuan Virginia saat mereka menyelidiki identitas tengkorak dan bagaimana itu bisa dicat di palazzo Francesco yang sudah hancur. Francesco dan saudara perempuannya, Gloria (Ida Galli), juga mengabaikan kemampuannya. Virginia dibiarkan merenungkan apa arti sisa visinya—sebuah taksi, sebuah lukisan, cermin yang pecah, sampul majalah, seorang pria berjalan pincang yang mengancam?—hanya ada teman parapsikolognya, Luca (Marc Porel), dan asistennya yang penuh sumber daya, Bruna (Jenny Tamburi), yang mendukungnya. Begitu Francesco menjadi tersangka utama polisi, Virginia meningkatkan kecepatan dalam penyelidikan detektifnya sendiri, mencoba mencari tahu urutan waktu yang akan membuktikan ketidakbersalahannya suami.

Meskipun The Psychic mungkin tidak akan membuat Anda banyak menebak tentang identitas pembunuhnya—hanya ada beberapa karakter, dan Anda tahu salah satu dari mereka yang melakukan perbuatan tersebut—kesenangan sebenarnya dari The Psychic datang ketika setiap fragmen visi Virginia menemukan penjelasan, dan disusun dalam teka-teki yang perlahan terbentuk. Ini adalah giallo yang pasti, lengkap dengan tembakan karakteristik genre dengan sarung tangan kulit hitam yang jahat. Efektivitasnya dibantu oleh penggunaan warna yang mencolok oleh Fulci, terutama warna merah, dan skor yang mendukung yang diciptakan sebagian oleh rekan kerja Fulci yang sering, Fabio Frizzi. Tetapi sebagian besar waktu, Fulci beroperasi dengan keterbatasan yang mengejutkan; daripada menjadi mengerikan untuk nilai kejutannya, The Psychic fokus pada misteri yang ingin dipecahkan Virginia—atau lebih tepatnya, misteri-misteri ganda, saat dia mencoba memecahkan bukan hanya kejahatan di sekitarnya, tetapi juga petunjuk aneh yang mengalir dari pikirannya sendiri.

The Psychic dapat ditonton di Shudder mulai hari ini, 12 Februari.

MEMBACA  Siaran Langsung Six Nations 2024: Cara menonton Six Nations secara gratis

Ingin berita io9 lainnya? Lihat kapan rilis Marvel, Star Wars, dan Star Trek terbaru, apa yang akan datang untuk DC Universe di film dan TV, dan segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang masa depan Doctor Who.