Fitur Tersembunyi iOS 17 Ini Dapat Membantu Melindungi Mata Anda.

Apple merilis iOS 17.4 pada bulan Maret, dan pembaruan tersebut memperkenalkan beberapa fitur baru yang berguna untuk iPhone Anda, seperti transkrip Podcast dan nomor kartu virtual Apple Cash. Namun ketika Apple merilis iOS 17 pada bulan September, raksasa teknologi tersebut memperkenalkan fitur baru yang dapat membantu Anda merawat mata dengan lebih baik, yang disebut Jarak Layar.

Fitur ini memberi peringatan saat Anda memegang iPhone atau iPad terlalu dekat dengan wajah Anda, seperti orang tua yang memberi tahu Anda untuk duduk lebih jauh dari televisi atau layar komputer. Meskipun memiliki layar dekat dengan wajah Anda mungkin tidak merusak mata, hal itu dapat menyebabkan stres dan iritasi, menurut organisasi perawatan kesehatan Cedars-Sinai. Untungnya, fitur baru iOS 17 ini bertujuan untuk membantu Anda mengurangi ketegangan mata, dan menurut Apple, ini bahkan dapat mengurangi risiko miopia atau rabun dekat.

Berikut cara mengaktifkan Jarak Layar dan memberikan istirahat bagi mata Anda.

Hidupkan Jarak Layar

1. Buka Pengaturan.
2. Ketuk Waktu Layar.
3. Ketuk Jarak Layar.

Layar-layar ini muncul saat pertama kali Anda mengakses Jarak Layar. Kemudian Anda akan melihat dua layar yang menjelaskan apa itu Jarak Layar dan bagaimana cara kerjanya. Ketuk Lanjutkan pada kedua layar tersebut, dan Jarak Layar secara otomatis aktif setelah layar-layar ini. Kedua layar tersebut hanya muncul saat pertama kali Anda masuk ke Jarak Layar.

Sekarang, setelah Anda memegang iPhone terlalu dekat dengan wajah Anda selama beberapa menit, layar Anda akan diblokir oleh pesan yang berbunyi, “iPhone Mungkin Terlalu Dekat.”

Ketika Anda memegang iPhone terlalu dekat dengan wajah Anda terlalu lama, Jarak Layar akan memblokir layar Anda. Layar Anda tetap diblokir sampai Anda memegang iPhone lebih jauh. Kemudian, layar Anda akan menampilkan tanda centang, dan Anda harus mengetuk Lanjutkan untuk menghapus blokir.

MEMBACA  Diskon 15% untuk Tungku Api dan Barang Lainnya dari Houswise

Matikan Jarak Layar

Jarak Layar adalah fitur iOS yang berguna yang dapat mengurangi ketegangan mata dan bahkan mengurangi risiko rabun dekat. Namun, jika Anda merasa peringatan tersebut lebih mengganggu daripada membantu, berikut cara menonaktifkan Jarak Layar.

1. Buka Pengaturan.
2. Ketuk Waktu Layar.
3. Ketuk Jarak Layar.
4. Ketuk sakelar di samping Jarak Layar.

Sekarang Anda dapat kembali memegang iPhone Anda sesuai dengan keinginan Anda tanpa gangguan dari ponsel Anda – atau orang tua Anda.

Untuk informasi lebih lanjut tentang iOS 17, lihat fitur-fitur yang disertakan dalam iOS 17.4 dan iOS 17.3. Anda juga dapat melihat lembar tips iOS 17 kami.