Dunia-dunia Terlarang Ini Mengguncangkan Teori Pembentukan Planet

“Kehidupan Planet Terapung: Dunia-dunia yang Menghilang di Antara Bintang”

Peneliti telah menemukan sejumlah dunia terapung di antara bintang-bintang, mengungkapkan misteri yang belum terpecahkan tentang asal usul mereka. Dalam penelitian terbaru ini, ditemukan bahwa ada lebih banyak planet terapung di alam semesta daripada yang kita duga sebelumnya.

Dr. Richard Bate, astrofisikawan dari Universitas Exeter, menjelaskan, “Dalam pencarian citra langsung bintang-bintang muda, kita tahu bahwa sangat sedikit bintang memiliki planet raksasa dengan orbit yang luas. Sulit untuk menerima bahwa ada banyak sistem planet besar di Orion yang terganggu.”

Para peneliti menduga ada beberapa cara untuk membentuk objek-objek aneh yang terapung ini. Misalnya, dengan beberapa penyesuaian, para teoretikus mungkin menemukan bahwa gelombang kejut supernova dapat mengompresi awan gas kecil dan membantu mereka runtuh menjadi pasangan bintang-bintang kecil dengan lebih mudah dari yang diharapkan. Simulasi yang dilakukan oleh Wang juga menunjukkan bahwa mengusir planet raksasa secara berpasangan, setidaknya dalam beberapa kasus, adalah sesuatu yang tak terhindarkan secara teoretis.

Sementara masih banyak pertanyaan yang belum terjawab, penemuan dunia terapung yang banyak dalam dua tahun terakhir ini telah mengajarkan para peneliti dua hal. Pertama, dunia-dunia ini terbentuk dengan cepat – dalam jutaan tahun, bukan miliaran. Di Orion, awan gas telah runtuh dan planet terbentuk, dan beberapa mungkin bahkan telah tertarik ke dalam jurang oleh bintang-bintang yang lewat, semua terjadi selama manusia modern berevolusi di Bumi.

Sean Raymond, peneliti yang mengembangkan simulasi tentang bagaimana planet raksasa dapat mengusir saudara-saudaranya ke luar angkasa, mengatakan, “Membentuk planet dalam 1 juta tahun sulit dengan model yang ada. Penemuan ini akan menambahkan kepingan lain pada teka-teki tersebut.”

MEMBACA  X memberikan tanda centang biru 'gratis' kepada pengguna yang tidak pernah memintanya

Kedua, ada banyak dunia yang tidak terikat di luar sana. Dan planet raksasa berat adalah yang paling sulit diusir dari sistem mereka, seperti halnya bola bowling yang sulit untuk dijatuhkan dari meja biliar. Pengamatan ini menunjukkan bahwa untuk setiap Jupiter yang terlihat, ada banyak Neptunus dan Bumi terapung yang tidak terdeteksi.

Jelas bahwa kita tinggal di dalam galaksi yang penuh dengan dunia-dunia yang terbuang dengan berbagai ukuran.

Sekarang, hampir setengah milenium setelah Galileo terpesona oleh berbagai titik cahaya – bulan, planet, dan bintang – di langit Bumi, para penerusnya mulai mengenal ujung terang dari benda-benda gelap yang terapung di antara mereka. Bintang-bintang kecil, dunia-dunia tanpa bintang, asteroid yang tak terlihat, komet-komet asing, dan banyak lagi.

“Kita tahu ada banyak barang-barang di antara bintang-bintang,” kata Raymond. Penelitian semacam ini “membuka jendela pada semua itu, bukan hanya planet terapung tetapi juga benda-benda terapung secara umum.”

Sumber: Quanta Magazine (dengan izin), sebuah publikasi independen yang bertujuan meningkatkan pemahaman publik tentang ilmu pengetahuan dengan meliput perkembangan penelitian dan tren dalam matematika, ilmu fisika, dan ilmu kehidupan.

Foto: Laurence Honnorat