Discord menghancurkan rekor jumlah penonton YouTube. Mungkin itu kecelakaan.

Discord menghancurkan rekor jumlah penonton YouTube. Mungkin itu kecelakaan.

Ketika datang ke pemecahan rekor YouTube, Anda mungkin pernah mendengar tentang MrBeast dan rekornya sebagai pencipta individu dengan jumlah pelanggan terbanyak di platform tersebut. MrBeast juga pernah memegang rekor untuk video YouTube yang paling banyak ditonton dalam periode 24 jam setelah salah satu unggahannya dari Agustus 2023 menerima hampir 60 juta penonton dalam sehari.

Rekor penonton dalam 24 jam milik MrBeast segera tergeser oleh trailer Grand Theft Auto VI yang dinantikan yang dirilis pada bulan Desember yang lalu. Trailer GTA 6 berhasil mendapatkan lebih dari 74 juta penonton untuk merebut rekor tersebut dari tangan MrBeast.

Namun, tampaknya tidak ada yang akan segera bisa melampaui jumlah penonton dari pemegang rekor yang baru ini.

Pada hari Senin, 1 April 2024, platform pesan populer Discord merilis video yang mengumumkan fitur “Kotak Rampasan” baru. Meskipun “fitur” itu ada, Discord tidak serius mengenai hal tersebut. Ini hanyalah lelucon Hari April Mop. Kotak Rampasan Discord telah dihapus dari platform.

Namun, entah bagaimana, video Kotak Rampasan April Mop selama 18 detik dari Discord menerima lebih dari satu miliar penonton dalam periode 24 jam.

Ya, Anda membacanya dengan benar. Satu miliar penonton.

Video tersebut mendapatkan begitu banyak penonton sehingga angkanya terhenti pada 628 juta penonton sekitar pada jam ke-16 karena YouTube kesulitan mengikuti hitungan sebelum diperbarui menjadi 1,4 miliar pada sekitar jam ke-24.

Untuk benar-benar menegaskan rekor baru ini, Discord mengalahkan rekor sekitar 1,3 miliar penonton.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Jadi, bagaimana Discord mencapai prestasi yang tidak mungkin ini?

Perusahaan ini enggan memberikan penjelasan di media sosial, dengan memposting “oops” di platform media sosial milik Elon Musk X pada hari Selasa sebagai referensi samar terhadap video tersebut. Discord juga membalas beberapa komentar dari pengguna yang berkomentar di pos tersebut.

MEMBACA  Eksekutif Twitter yang dipecat menggugat Elon Musk atas lebih dari $128 juta

Mashable menghubungi baik Discord maupun YouTube untuk memberikan komentar namun belum mendengar balik dari kedua perusahaan tersebut. Kami akan memperbarui artikel ini jika ada perkembangan.

Namun, seorang pengembang perangkat lunak bernama Marvin Witt membagikan analisis yang sangat meyakinkan tentang apa yang kemungkinan terjadi. Secara sederhana, tampaknya Discord mungkin secara tidak sengaja (atau disengaja?) menciptakan “bot penonton YouTube yang berfungsi” seperti yang dijelaskan Witt dalam sebuah utas di X.

Inilah yang terjadi

Ketika Discord merilis fitur baru, platform tersebut seringkali mengirimkan pengumuman pop-up kepada pengguna di sudut kanan bawah baik pada aplikasi desktop maupun web app.

Discord melakukan hal ini untuk lelucon fitur Kotak Rampasan pada Hari April Mop. Witt membagikan tangkapan layar dari pop-up tersebut. Mashable juga dapat mengonfirmasi bahwa kami melihat pop-up ini saat masuk ke Discord pada pagi hari Senin.

Menurut Witt, yang juga mengelola sumber berita dan pembaruan independen tentang Discord, video Kotak Rampasan dari Discord disematkan dalam pop-up ini melalui iframe.

“Kotak Rampasan telah tiba!” tulis pop-up tersebut.

Namun, seperti yang ditunjukkan Witt, video YouTube tersebut tidak dapat dilihat oleh pengguna kecuali mereka mengarahkan kursor ke pesan pop-up tersebut, di mana video akan muncul dari pesan tersebut seperti roti bakar di dalam oven.

Video YouTube 18 detik dari Discord tampaknya diputar secara otomatis berulang-ulang di latar belakang aplikasi saat pengguna menghabiskan waktu berjam-jam mengirim pesan kepada teman-teman mereka atau bahkan hanya membiarkan komputer mereka tidak aktif.

Jadi, pertanyaan terakhir adalah: Apakah Discord melakukan ini dengan sengaja?

Ada beberapa bukti yang cukup meyakinkan dari Witt bahwa ini memang sebuah kecelakaan.

MEMBACA  Apple mengubah Neuromancer karya William Gibson menjadi serial TV

Di akun X-nya, Witt memposting tangkapan layar dari sebuah pos Discord dari seorang “pengembang tinggi” yang bekerja di perusahaan tersebut dari tanggal 1 April.

“Bagaimana video ini mendapatkan begitu banyak penonton,” begitu tulisannya.

Kemudian pada hari itu, beberapa pengguna mulai menyadari bahwa kode pop-up dalam aplikasi Discord telah diubah untuk memperbaiki masalah tersebut, beralih dari video YouTube ke file video. Namun, seperti yang dicatat Witt, banyak penonton berasal dari pengguna yang menjaga Discord tetap terbuka dan tidak aktif menggunakan aplikasi tersebut, yang berarti masalah tersebut akan tetap ada sampai pengguna tersebut memperbarui aplikasi, atau pesan pop-up tidak muncul lagi karena Hari April Mop sudah berlalu.

Video Kotak Rampasan Discord kemungkinan akan menjadi sumber perdebatan di dalam komunitas YouTuber juga, karena akan ada kontroversi tentang apakah rekor tersebut seharusnya dihitung. Meskipun demikian, kemungkinan besar akan ada tanda bintang besar pada rekor ini.

Bagaimanapun juga, Discord bertujuan untuk memperdaya semua orang pada Hari April Mop. Tampaknya mereka berhasil melakukannya, namun tidak dengan cara yang mereka rencanakan.

Topik
Video Viral
YouTube