CES 2024 Pratinjau: Bersiaplah untuk ‘Tsunami’ Kecerdasan Buatan

Jika Anda sedang menunggu kehebohan seputar AI generatif mereda, mungkin sebaiknya Anda duduk di kursi. Kegaduhan seputar kecerdasan buatan tidak menunjukkan tanda-tanda mereda – sebuah fakta yang akan terasa sangat jelas di CES tahun ini.

CES, acara tahunan terbesar industri elektronik konsumen di Amerika Serikat, akan kembali diadakan di Las Vegas pada tanggal 9 Januari. Ini adalah pasar ramai yang berlangsung selama empat hari penuh dengan teknologi, dengan ruang pameran yang dipenuhi dengan gadget baru, startup yang penuh harapan, dan prototipe yang mengejar bintang. CES adalah pameran dagang di mana kesepakatan penjualan dan distribusi ditandatangani, mobil konsep melintasi jalan yang penuh sesak, dan jurnalis teknologi serta pengunjung pameran berkeliling mencari produk baru yang menonjol. Dan tahun ini, banyak produk yang diperkenalkan akan dilengkapi dengan fitur-fitur AI yang canggih.

Selama bertahun-tahun, teknologi generative AI berkembang di balik permukaan kesadaran publik. Akhirnya, pada November 2022, OpenAI merilis iterasi pertama ChaptGPT. Kedatangan chatbot baru yang mengkilap ini memicu perlombaan senjata AI. Karena gelombang gema dari ledakan ini belum sepenuhnya meresap ke industri teknologi saat CES tahun lalu berlangsung, tidak ada banyak pembicaraan tentang GenAI di Las Vegas pada Januari lalu. Akibatnya, CES 2023 terlihat hampir primitif jika dilihat sekarang, datang hanya enam minggu setelah revolusi teknologi terbesar sejak telepon genggam.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi pada tahun 2024. “Kami tidak mendapatkan banyak pengumuman AI pada CES tahun lalu seperti yang akan kami dapatkan tahun ini,” kata Anshel Sag, seorang analis utama di Moor Insights & Strategy. “Jika Anda mengira itu adalah gelombang tahun lalu, tahun ini akan menjadi tsunami.”

MEMBACA  Video liar menunjukkan cumi-cumi laut dalam menggunakan 'lampu sorot' untuk menyerang kamera

Harapkan untuk melihat AI di mana-mana di CES: di mobil, sepeda motor, headphone, kamera, speaker, dan televisi. Dalam beberapa kasus, produk-produk ini akan hanya menyertakan cara lain untuk mengakses layanan tanya-jawab ala ChatGPT untuk menghandle perintah lisan. Namun, dalam beberapa kasus lain, kemajuan ini mungkin terasa lebih berdampak. Perusahaan-perusahaan seperti Intel, Qualcomm, dan AMD diperkirakan akan mengumumkan chip yang mendukung layanan AI pada perangkat yang menggunakannya. Chip-chip ini akan memproses tugas-tugas AI secara lokal, tanpa harus mengirim permintaan ke server di awan dan kemudian menunggu respons, sehingga hal-hal seperti visi komputer, layanan teks-ke-suara, dan komputasi generatif terasa lebih responsif.

CES adalah tempat di mana narasi seputar tren industri dibentuk. Sag mengatakan itulah yang akan terjadi dengan melimpahnya AI di CES kali ini. “AI akan menguasai segalanya,” kata Sag. “Hal itu akan begitu meluas dan mendominasi sehingga beberapa orang akan merasa bosan.”